Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan meminta masyarakat untuk saling menjaga di lingkungan tempat mereka tinggal sebagai antisipasi terjadinya tindak kriminal saat libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Saat ini banyak rumah kosong yang ditinggal mudik sehingga harus ada kerja sama bersama mengantisipasi terjadinya aksi pencurian," kata Kombes Pol Gidion Arif Setyawan saat Jumat Curhat dengan warga Papanggo di Jakarta, Jumat malam.

Ia mengatakan bagi warga yang mudik agar menitipkan rumah mereka kepada tetangga dan bagi warga yang tidak mudik agar bersama-sama menjaga lingkungan mereka.

"Ini bisa dikoordinir Ketua RT dan Ketua RW agar mereka yang mudik dapat tenang dalam melakukan perjalanan," kata dia.

Selain itu pihaknya bersama TNI, dan lainnya akan melakukan patroli rutin saat libur Idul Fitri ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Menurut dia perlu kerja sama semua pihak baik masyarakat, perangkat keamanan dan lainnya untuk menciptakan situasi kondusif.

"Kami mengajak untuk saling menjaga keamanan dan lokasi tempat tinggal masing-masing. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa dikomunikasikan dengan petugas di lapangan," kata dia.

Selain itu, Gidion mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan titip kendaraan saat melakukan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami membuka layanan ini bagi masyarakat untuk menitipkan kendaraan di lapangan parkir baik yang ada di Polsek-Polsek," katanya.

Ia mengatakan layanan ini tidak berbayar dan gratis bagi warga yang ingin menumpangkan kendaraan selama mudik ke kampung halaman.

"Kami sudah instruksikan ini kepada seluruh jajaran agar menyiapkan lapangan parkir kendaraan untuk masyarakat menitipkan kendaraan mereka," kata dia.

Polres Metro Jakarta Utara menyiapkan lapangan parkir di Polsek Kelapa Gading, Polsek Koja, Polsek Penjaringan, Polsek Tanjung Priok dan Polsek Pademangan.

"Ini semua bisa dimanfaatkan masyarakat," kata dia.

Baca juga: Kapolda Banten siapkan penyekatan untuk kawal dan arahkan roda dua

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024