Batam, Kepri (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, akan melayani 118 penerbangan pada H-4 sebelum Lebaran 2024 atau pada Sabtu ini.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Kepri, Sabtu, mengatakan pada hari ini diperkirakan sekitar 18-19 ribu penumpang melakukan perjalanan mudik melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

"Sebanyak 118 penerbangan yang sudah ada, nanti ada penambahan flight lagi. Kami perkirakan lebih dari kemarin yang 18 ribu (penumpang), hari ini mungkin sampai hampir 19 ribu," ujar Pikri.

Ia menyampaikan pada puncak arus mudik, terdapat delapan pesawat Airbus dari maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air untuk melayani penumpang.

"Tujuan terbesar tentu tetap ke Jakarta dan Padang. Kalau kita lihat Padang hari ini juga padat sekali dan banyak penumpang yang akan bepergian," kata dia.

Pikri menyebutkan sejauh ini proses keberangkatan maupun kedatangan penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam berlangsung lancar.

Berdasarkan data, pada Jumat (6/4/2024) jumlah penumpang mencapai 18 ribu, tumbuh hampir 40 persen dari biasanya, sementara untuk jumlah penerbangan mencapai 137 pergerakan pesawat.

Sebelumnya, Pengelola Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim mendirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 dengan mengusung tema "Mudik Ceria Penuh Makna" demi memastikan kelancaran arus mudik maupun balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati mengatakan layanan yang diberikan di posko terpadu antara lain pusat informasi, penanganan layanan keamanan, hingga kesehatan.

"Kami memakai konsep posko terpadu, ada posko keamanan, pelayanan dan kesehatan yang kita bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Pemkot Batam dalam hal ini puskesmas. Seluruh tim sudah siap untuk melayani masyarakat saat mudik," katanya.

Baca juga: Pengelola Hang Nadim Batam dirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024
Baca juga: Hang Nadim Batam layani 37 penerbangan ekstra untuk mudik Lebaran
Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam lakukan operasional khusus saat masa lebaran

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024