Pupuk Indonesia Grup memfasilitasi masyarakat di berbagai daerah untuk mudik ke lingkungan sekitar.....
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) Grup memberangkatkan sebanyak 1.446 pemudik ke berbagai daerah sebagai bentuk dukungan perusahaan pada kelancaran arus lalu lintas saat musim mudik Lebaran 2024.

“Pupuk Indonesia Grup memfasilitasi masyarakat di berbagai daerah untuk mudik ke lingkungan sekitar, ada yang di wilayah Jawa Barat, ada yang di Aceh, ada yang dari Sumatera menuju Jawa, lalu dari Jawa Timur ke Jawa Tengah,” ujar Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Rahmad Pribadi menyatakan bahwa kegiatan itu merupakan bentuk dukungan perusahaan pada program Mudik Asyik Bersama BUMN sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, yang dilaksanakan mulai 5 April 2024. Khusus di Pupuk Indonesia Grup, secara serentak dilaksanakan pada  6 April 2024.

Baca juga: Pupuk Indonesia Grup dukung program "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024"

Dalam kegiatan ini, lima anak usaha Pupuk Indonesia yang bergerak di bidang pupuk turut aktif.

Para pemudik tersebut diberangkatkan dari masing-masing wilayah operasional, yaitu Pupuk Indonesia dari Jakarta, Petrokimia Gresik dari Gresik (Jawa Timur), Pupuk Kujang dari Karawang (Jawa Barat), Pupuk Kalimantan Timur dari Kota Bontang (Kalimantan Timur), Pupuk Iskandar Muda dari Aceh Utara (Aceh), dan Pupuk Sriwidjaja Palembang dari Kota Palembang (Sumatera Selatan).

Para pemudik diberangkatkan menggunakan 43 armada terdiri dari 26 bus dan 17 minibus atau van. Mereka diberangkatkan dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia.

Rahmad mengatakan bahwa mudik merupakan tradisi yang unik di Indonesia. Momen mudik, ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia setiap tahun.

Pemerintah pun telah banyak melakukan persiapan agar mudik tahun ini berjalan lancar dan aman, mulai dari jalan tol hingga perbaikan ruas jalan.

Baca juga: Pupuk Indonesia ungkap kapasitas produksi 2024 capai 14 juta ton

Dengan mengikuti mudik gratis ini, Rahmad menilai para pemudik telah berkontribusi mendukung kelancaran arus lalu lintas saat musim mudik lebaran, karena sebanyak 77 persen kecelakaan lalu lintas saat musim lebaran berasal dari pengguna kendaraan roda dua.

”Semoga para pemudik bisa tiba di tempat dalam keadaan sehat, salam hangat kami dari Pupuk Indonesia kepada para pemudik yang diberangkatkan secara bersama-sama dari seluruh daerah yang dioperasikan oleh Pupuk Indonesia, titip salam hangat kami kepada sanak saudara di daerah masing-masing,” kata Rahmad.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024