.....Hari ini, Pupuk Indonesia membawa peserta mudik dengan tujuan Solo, Jawa Tengah. Mudik merupakan momen yang ditunggu-tunggu....
Jakarta (ANTARA) - Pupuk Indonesia Grup mendukung program "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024" yang resmi dilaksanakan oleh seluruh BUMN di Silang Monas, Jakarta, Jumat.

Menteri BUMN Erick Thohir memberangkatkan hampir 100 ribu peserta mudik gratis BUMN yang ditandai dengan flag off bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi dalam keterangannya di Jakarta, menjelaskan bahwa  lima anak usaha Pupuk Indonesia yang bergerak di bidang pupuk turut aktif dalam program mudik gratis tersebut.

Baca juga: Pupuk Indonesia ungkap kapasitas produksi 2024 capai 14 juta ton

Ribuan pemudik tersebut diberangkatkan dari masing-masing wilayah operasional, yaitu Pupuk Indonesia dari Jakarta, Petrokimia Gresik dari Gresik (Jawa Timur), Pupuk Kujang dari Karawang (Jawa Barat), Pupuk Kalimantan Timur dari Kota Bontang (Kalimantan Timur), Pupuk Iskandar Muda dari Aceh Utara (Aceh), dan Pupuk Sriwidjaja Palembang dari Kota Palembang (Sumatera Selatan).

"Pupuk Indonesia mendukung kegiatan Mudik Asyik Bersama BUMN yang dilepas langsung oleh Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir. Hari ini, Pupuk Indonesia membawa peserta mudik dengan tujuan Solo, Jawa Tengah. Mudik merupakan momen yang ditunggu-tunggu masyarakat setiap tahun. Oleh karena itu, Pupuk Indonesia mendukung dengan terlibat langsung pada program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024," ucap Rahmad.

Jumlah peserta "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024" meningkat 40 persen jika dibandingkan pada 2023. Di 2024 ini, terdapat 88 perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN berpartisipasi dalam mendukung dan menyediakan mudik gratis bagi masyarakat yang dimotori oleh PT Jasa Raharja dan Forum Tanggung Jawa Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.

Tercatat 94.753 pemudik yang terbagi ke dalam tiga moda transportasi, yaitu 1.536 unit bus untuk 70.179 penumpang bus, 60 unit kereta api untuk 19.122 penumpang kereta, dan 30 unit kapal laut untuk 5.452 penumpang kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Pupuk Indonesia gelar Safari Ramadhan berbagi bantuan ke warga sekitar

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan program "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024" mendorong migrasi pemudik agar lebih aman dan nyaman dengan menggunakan transportasi umum. Selain itu, program itu merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN yang konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik.

"Dengan adanya program ini, diharapkan akan tercipta perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi para pemudik," kata Erick.

Mudik bersama BUMN 2024 tersebut juga memperkenalkan inovasi dalam layanan khusus bagi pemudik disabilitas dan menyediakan bus berbasis listrik untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

Langkah itu diambil untuk memastikan setiap pemudik dapat menikmati perjalanan pulang dengan nyaman tanpa hambatan serta memberikan pengalaman perjalanan yang inklusif bagi semua pemudik, sambil menjaga keselamatan, kenyamanan, dan keberlanjutan lingkungan.

Baca juga: Menhub sebut mudik bersama BUMN berhasil turunkan pemudik motor

Erick menyampaikan bahwa "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024" memiliki peran penting dalam memastikan keselamatan peserta mudik karena sebanyak 77 persen kecelakaan lalu lintas berasal dari pengguna kendaraan roda dua.

Ia mengharapkan program yang telah berjalan 5 tahun tersebut bisa dilanjutkan karena bagian dari kepedulian BUMN, juga selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meringankan kendala yang dihadapi masyarakat.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024