Rangkasbitung (ANTARA) -
Pergerakan arus lalu lintas di ruas jalan Kabupaten Lebak, Banten, pada H-4 atau Sabtu (6/4) mulai meningkat yang kebanyakan arus mudik Lebaran 1445 H/2024 dari Jakarta, Tangerang dan sejumlah daerah di Jawa Barat.
 
"Peningkatan arus mudik itu terjadi pada siang hari dan hingga kini terus berdatangan memadati jalan menuju Pandeglang dan Banten Selatan," kata petugas pos pengamanan Tol Mandala Ipda Toni di Lebak, Sabtu.
 
Kepadatan arus kendaraan pemudik itu baik roda dua maupun roda empat melintasi jalur Citeras - Bypass Rangkasbitung - Tol Mandala - Pandeglang Raya.
 
Meski terjadi peningkatan arus kendaraan, namun perjalanan tampak lancar tanpa kemacetan.

Baca juga: Kapolda Banten siapkan penyekatan untuk kawal dan arahkan roda dua

Baca juga: Polisi imbau pengendara motor tak bawa muatan berlebih saat mudik
 
"Semua kendaraan arus mudik dari luar daerah yang melintasi jalur Lebak itu berjalan lancar dan aman," kata Kanit Regident Satlantas Polres Lebak.
 
Menurut dia, kemungkinan besar puncak arus mudik ke wilayah Pandeglang dan Banten Selatan akan terjadi pada H-4 dan H-3, sehingga petugas bekerja keras untuk melayani pengaturan lalu lintas agar lancar, aman dan selamat sampai tujuan.
 
Pihaknya juga mengimbau pemudik yang kelelahan atau capek maupun mengantuk setelah menjalani perjalanan jauh terlebih dulu istirahat.
 
Petugas telah menyediakan ruangan untuk istirahat bagi pemudik yang menggunakan kendaraan motor dan mobil pribadi.
 
"Kami berharap pemudik dapat mematuhi aturan lalu lintas agar perjalanan selamat sampai tujuan dan tidak menimbulkan potensi kecelakaan," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Tono (40) pemudik sepeda motor mengatakan dirinya bersama isteri berangkat dari Karawang pagi dan tiba di wilayah Lebak siang hari dan perjalanan lancar meski terjadi kepadatan.
 
"Kami berharap sore ini bisa tiba di Banten Selatan dengan selamat dan dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman," kata Tono saat beristirahat di SPBU Ciawi Lebak.*

Baca juga: Ratusan CCTV dipasang di Pelabuhan Merak guna pantau arus mudik

Baca juga: Ribuan motor pemudik padati Pelabuhan Ciwandan Banten

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024