Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) mencatat volume lalu lintas atau lalin kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) terhitung H-7 sampai dengan H-5 Hari Raya Idul Fitri 1445 H pada periode 3 sampai dengan 5 April 2024 sebanyak 323.237 kendaraan.

"Total sebanyak 323.237 kendaraan atau meningkat 7,77 persen dibandingkan volume lalu lintas transaksi normal yaitu 299.919 kendaraan transaksi yang meninggalkan Jabotabek menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta melalui dua Gerbang Tol (GT)," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satriya dalam keterangan resmi yang diterima di Bogor, Jawa Barat pada Sabtu.

Untuk peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cengkareng sebesar 6,74 persen atau sebanyak 239.018 kendaraan dibanding dari lalu lintas normal sebanyak 223.921 kendaraan.

Sedangkan peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Benda Utama, sebesar 10,82 persen atau sebanyak 84.219 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi normal sebanyak 75.998 kendaraan.

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan.

Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan satu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, satu e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar.

Sebagai informasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa sebanyak 28,4 juta orang diproyeksikan meninggalkan kawasan Jabodetabek.

Dari angka tersebut sebesar 14,6 persen atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024.

Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran di tahun 2024 dan jika dibandingkan tahun 2023 sebesar 45,8 persen atau 123 juta orang.

Baca juga: Jasa Marga tambah akses menuju Stasiun Whoosh Halim lewat tol
Baca juga: Jumlah kendaraan lewat Tol Trans Sumatera pada H-4 naik 154 persen
Baca juga: Arus lalin Tol Bocimi arah Sukabumi dialihkan ke Gerbang Tol Cigombong

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024