Jakarta (ANTARA News) - Basis pelanggan bisnis Rakuten Belanja Online yang sebelumnya didominasi Jakarta kini mulai bergeser ke luar Jakarta. Dua tahun lalu, Jakarta mendominasi basis pelanggan RBO dengan perbandingan 90 persen, sementara saat ini 70 persen basis pelanggan berasal dari luar Jakarta.

Werner Sutanto, Chief Advisor Rakuten Asia Strategic Investment and Strategic Business Development Department, mengemukakan bahwa konsumen dan penjual di luar Jakarta makin berminat berbisnis online di RBO.

"Dari konsumen dan penjual, di luar Jakarta banyak yang berminat. Dulu waktu belum ada internet susah mau jual beli online, sekarang sudah lebih mudah," tukasnya di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Rakuten juga membangun ekosistem e-commerce di Indonesia dengan memberikan edukasi untuk UKM di daerah Indonesia. RBO mengadakan seminar e-commerce di luar Jakarta, seperti Medan dan Surabaya, tentang kiat sukses berbisnis online.


Program ini diharapkan dapat mendorong perkembangan UKM menuju bisnis online.sehingga produk mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen di penjuru Indonesia.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013