Pasar Senen, salah satu stasiun di mana kereta ini menjadi salah satu yang favorit, yang diminati oleh pemudik
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyapa sejumlah pemudik dalam peninjauan kesiapan kereta api bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Agus Subiyanto di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

"Pasar Senen, salah satu stasiun di mana kereta ini menjadi salah satu yang favorit, yang diminati oleh pemudik. Jadi kita sempat menanyakan ya, memang faktor keamanan dan ketepatan waktu," katanya di Jakarta, Sabtu.

Kapolri menjelaskan, menurut laporan dari Direktur Utama Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo, terdapat sebanyak sekitar 27.800 pemudik pada hari itu, yang menjadikan hari tersebut dengan penumpang tertinggi selama beberapa hari ke depan.

Jenderal itu berharap, dengan kesiapan personel pengamanan serta pelayanan dari KAI, semua pemudik dapat memanfaatkan dan mendapatkan pelayanan yang baik.

Listyo menyebutkan, rata-rata pembelian tiket yang dilakukan secara luring serta daring dapat terlayani dengan baik. Selain itu, bagi yang terlambat untuk menaiki kereta, diberikan kesempatan untuk menaiki kereta-kereta selanjutnya.

Ketiganya datang sekitar pukul 16.26 WIB. Mereka bersama rombongan kemudian menyapa sejumlah pemudik yang duduk menunggu. Kemudian, ketiganya meninjau sejumlah gerbong kereta dan menyapa penumpang yang berada di sana.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan bahwa sebanyak 47.005 penumpang mudik telah berangkat dari Jakarta pada Sabtu menggunakan 79 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Adapun rinciannya, sebanyak 26.777 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan 38 perjalanan KAJJ, dan 19.192 penumpang pergi dari Stasiun Gambir dengan 41 perjalanan KAJJ.

Sisanya, kata Ixfan, berangkat dari stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta, yaitu Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang, dan Cikarang.

"Berdasarkan data hari ini tanggal 6 April 2024, hari ini merupakan puncak arus mudik tertinggi, yaitu sebanyak 47 ribu lebih pemudik menggunakan jasa angkutan kereta api yang berangkat dari Jakarta. Di urutan kedua terjadi pada H-5 kemarin sebanyak 46.509, berikutnya H-3 besok angka sementara sebanyak 46.374 calon penumpang KA yang telah melakukan pemesanan tiket,” katanya Ixfan.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024