Jakarta (ANTARA) -
Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjamin keamanan para pemudik yang menggunakan jasa transportasi kereta api (KA), usai dirinya bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meninjau arus mudik di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu.

Sejauh ini, dia mengatakan belum menerima informasi kerawanan akan kasus kejahatan yang terjadi dalam momen arus mudik. Dia pun memastikan personel kepolisian yang bertugas di wilayah yang akan dilalui pemudik sudah siap melakukan pengamanan.
 
"Mudah-mudahan dengan kesiapan personil pengamanan, kesiapan pelayanan dari kereta api, semua pemudik yang memanfaatkan pilihannya dengan menggunakan kereta api bisa terlayani dengan baik," kata Listyo saat konferensi pers di Stasiun Senen.

Dia pun mengatakan bahwa Stasiun Senen menjadi sarana transportasi yang favorit bagi para pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Dia pun berharap seluruh pemudik yang menggunakan jasa kereta api itu bisa terlayani dengan baik.
 
Selain itu, dia juga mengapresiasi kebijakan PT KAI yang tetap memberikan pelayanan bagi calon penumpang kereta api yang terlambat atau tertinggal oleh kereta. Menurutnya penumpang kereta itu tetap diberi kesempatan untuk menumpangi kereta selanjutnya.
 
"Sampai dengan hari ini tadi dilaporkan oleh Dirut KAI, saat ini sudah mencapai 20.800 (penumpang) ya, menjadi salah satu jumlah penumpang tertinggi," katanya.
 
Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada PT KAI untuk selalu bersiaga mengantisipasi kerawanan bencana alam yang terjadi di jalur kereta api. Menurutnya PT KAI perlu mengontrol posko-posko yang sudah ada di jalur kereta api guna mengantisipasi kerawanan tersebut.
 
"Cuaca ini mengakibatkan longsor di beberapa tempat terutama di dari Garut, Tasik, sampai Purwokerto, sehingga tim itu tolong disiapkan dan tolong dicek seluruhnya," kata Budi.
 
Di sisi lain, dia pun mengapresiasi kunjungan Kapolri bersama Panglima TNI ke Stasiun Senen. Karena selain menunjukkan sinergitas antara Polri dan TNI, kunjungan tersebut juga memberikan rasa aman bagi para pemudik.

Baca juga: Kapolri sapa sejumlah pemudik saat tinjau Stasiun Pasar Senen

Baca juga: Kapolri: Genangan air jadi penyebab arus mudik jalur Sumatera macet

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024