... kami siap membantu sepatutnya... "
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, menyampaikan duka cita mendalam untuk warga Filipina yang terdampak topan Haiyan, yang disebut-sebut salah satu bencana terburuk yang pernah dihadapi negara tersebut.

"Kami menyampaikan secara jelas kepada pemerintah Filipina, kami siap membantu sepatutnya," kata Jim, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, bantuan yang dapat diberikan pihaknya antara lain adalah program transfer tunai bersyarat guna menyediakan akses langsung kepada masyarakat yang miskin.

Bank Dunia, lanjutnya, dapat antara lain meningkatkan tingkat kecepatan dan volume bantuan, serta meniadakan berbagai kondisi yang dipersyarakatkan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

"Kami sedang membahas hal ini dengan mereka saat ini," katanya.

Ia juga mengemukakan, Bank Dunia memiliki pengalaman sangat banyak pada masa lalu berkaitan dengan bencana alam, seperti telah dilakukan di Haiti.

Sebagaimana diberitakan, pemerintah Indonesia pada Rabu memberangkatkan bantuan makanan dan logistik bagi korban bencana topan Haiyan di Filipina dengan pesawat C-130 Hercules TNI AU.

"Hari ini diberangkatkan tiga pesawat Herkules mengangkut 36,6 ton makanan, obat, genset, dan selimut dari Lanud Halim Perdanakusuma dalam tiga sorti penerbangan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo P Nugroho, di Jakarta, Rabu.

Pewarta: Muhammad R Rahman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013