Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Jece Julita Piris mengatakan bahwa pada hari ini diperkirakan ada tiga perjalanan kapal yang membawa pemudik dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang.
 
"Pada hari ini ada lagi kapal yang bersandar di Pelabuhan Panjang, diperkirakan ada tiga kali perjalanan kapal dalam sehari dari Pelabuhan Ciwandan Cilegon ke sini," ujar Jece Julita Piris di Bandarlampung, Minggu.
 
Ia mengatakan perjalanan pelayaran sebanyak tiga kali dalam sehari yang mengangkut pemudik pada periode angkutan Lebaran 2024 pada hari ini tetap akan dilakukan oleh kapal motor (KM) Panorama.

Baca juga: Pelindo Regional II Panjang siap melayani arus mudik Lebaran 2024
 
"Tiga kali pelayaran pada hari ini untuk mengangkut pemudik tetap dilakukan oleh KM Panorama dengan rute tetap sama, yaitu dari Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang," katanya.
 
Dia menjelaskan untuk jam kedatangan kapal ke Pelabuhan Panjang akan mengikuti jadwal kedatangan serta keberangkatan di Pelabuhan Ciwandan.
 
"Waktu kedatangan di Pelabuhan Panjang tergantung kedatangan serta keberangkatan di Pelabuhan Ciwandan. Jadi,belum bisa dipastikan kapan jadwal kedatangannya di sini," ucap dia.
 
Menurut dia, prediksi jumlah penumpang pun belum bisa dipastikan serta masih menunggu informasi lanjutan.
 
"Perkiraan jumlah pemudik belum bisa dipastikan berapa, dan untuk arus balik Lebaran 2024, juga belum ada informasi terkait ada tidaknya kapal bantuan di Pelabuhan Panjang untuk mengangkut masyarakat yang ingin menyeberang ke Jawa," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo mengatakan dengan adanya rencana jadwal tiga kali perjalanan KM Panorama untuk mengangkut pemudik dari Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang pada hari ini dapat membantu mengurai penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni ataupun Pelabuhan Merak.

Baca juga: Dishub Lampung: Pelabuhan Panjang jadi alternatif mudik

Baca juga: Pelindo jamin layanan pelabuhan optimal selama libur panjang


"Ini bisa membantu mengurai penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak ataupun Bakauheni, apalagi kalau hari ini ada tiga perjalanan kapal, ini cukup lumayan membantu pemudik," tambahnya.

Pada Sabtu (6/4) dini hari KM Panorama telah mengantarkan pemudik dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang dengan jumlah pemudik ada 118 orang, dan kendaraan ada 93 unit yang terdiri atas 67 unit sepeda motor, 17 unit bus kecil, dan 9 unit truk besar.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024