fasilitas air minum gratis bagi penumpang yang tersedia di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang
Surabaya (ANTARA) -
PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyediakan sejumlah fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan bagi para calon penumpang yang menunggu kedatangan kereta api pada masa arus mudik Angkutan Lebaran 2024.
 
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Minggu, mengatakan adapun fasilitas tersebut seperti Luxury Lounge yang tersedia di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang.
 
"Bagi penumpang kelas luxury, seperti luxury sleeper, panoramic dan kompartemen suite class dapat menikmati fasilitas tersebut secara gratis. Khusus penumpang nonluxury, apabila ingin menikmati layanan Luxury Lounge di Stasiun Surabaya Gubeng akan dikenakan biaya Rp65.000 per orang," ujarnya.
 
Selain itu, juga disediakan fasilitas bermain anak seperti tempat bermain yang bisa digunakan dengan pengawasan orang dewasa.
 
Selain itu, kata Luqman, khusus di Stasiun Surabaya Gubeng juga terdapat fasilitas foto yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) secara gratis.
 
"Serta juga fasilitas air minum gratis bagi penumpang yang tersedia di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang," ucapnya.

Baca juga: KAI Surabaya: Jumlah pemudik mulai naik, capai 27.696 orang pada H-4
Baca juga: KAI Daop 1 perkirakan puncak arus mudik hari ini, 47 ribu penumpang
 
Tak hanya itu, pihaknya juga menyiagakan pos kesehatan yang disiagakan di tiap stasiun, apabila terdapat penumpang ataupun petugas yang merasa kurang sehat selama dalam perjalanan.
 
"Pos kesehatan sifatnya hanya untuk penanganan pertama, jika tidak bisa teratasi akan dirujuk ke rumah sakit terdekat," katanya.
 
Luqman menambahkan, petugas yang berada di stasiun akan selalu mengawasi setiap fasilitas yang ada di stasiun.
 
"Petugas posko akan selalu mengawasi setiap penggunaan fasilitas yang ada di stasiun. hal ini bertujuan untuk menciptakan keselamatan dan kenyamanan penumpang," tuturnya.
 
Sementara, pihaknya mencatat sebanyak 356.953 tiket telah terjual untuk keberangkatan dari Daop 8 Surabaya pada masa Angkutan Lebaran 2024 mulai 31 Maret hingga 21 April 2024.

Baca juga: Selama arus mudik, bagasi penumpang kereta api maksimal 20 kilogram
Baca juga: KAI Cirebon siagakan 305 personel demi kelancaran angkutan Lebaran
 
Luqman Arif menjelaskan, bahwa puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada Sabtu (6/4), yang tercatat sebanyak 29.223 penumpang berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.
 
"Pada hari ini, Minggu 7 April 2024, berdasar data pukul 10.00 WIB tercatat lebih dari 25.000 penumpang yang berangkat di Daop 8 Surabaya," kata Luqman.
 
Data tersebut, lanjutnya, tentunya masih akan bertambah, karena penjualan tiket masih terus berlangsung.
 
"Adapun tiga stasiun dengan penumpang terbanyak yakni Stasiun Surabaya Gubeng 9.794 penumpang, Stasiun Surabaya Pasarturi 7.028 penumpang dan Stasiun Malang 4.214 penumpang," ujarnya.

Baca juga: Kapolri sapa sejumlah pemudik saat tinjau Stasiun Pasar Senen
Baca juga: KCIC sediakan 1.202 takjil gratis per hari buat penumpang Whoosh
Baca juga: Pj Gubernur Jateng cek kesiapan Stasiun Solobalapan hadapi mudik
Baca juga: 17.994 orang tinggalkan Jakarta lewat Stasiun Gambir di H-5 Lebaran

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024