Dengan adanya mudik gratis tentunya armada yang mengangkut para penumpang sudah diperiksa dengan baik agar kendaraan yang disiapkan tidak mengalami permasalahan di perjalanan
Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalteng Agustiar Sabran mengatakan mudik gratis yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat beserta sejumlah stakeholder lainnya dalam rangka menyambut Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah, dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kami sangat mengapresiasi sekali mudik gratis untuk Lebaran yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Kalteng serta sejumlah instansi lainnya yang bertujuan untuk menekan terjadinya kecelakaan saat mudik, baik dari jalur darat, laut dan udara," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Minggu.

Baca juga: Pemkot pastikan jalur mudik di Lhokseumawe berjalan lancar dan aman

Ia menuturkan, dengan adanya mudik gratis tentunya armada yang mengangkut para penumpang sudah diperiksa dengan baik agar kendaraan yang disiapkan tidak mengalami permasalahan di perjalanan.

Bahkan sopir-sopir bus yang mengangkut ratusan penumpang, juga dilakukan pengecekan kesehatan agar saat mengemudi benar-benar aman dan tidak ugal-ugalan di jalan yang dapat membahayakan para penumpang.

"Arus mudik Lebaran di Kalteng tidak seperti di Pulau Jawa, namun arus mudik di daerah kita yang saat ini terpantau padat yakni jalur laut di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat," katanya.

Agustiar Sabran yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng tersebut, tentunya juga sangat mengapresiasi terhadap TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dan Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota di daerah setempat yang siap mengamankan jalur mudik Lebaran.

Baca juga: Pertamina buka posko mudik Lebaran di Tol Tamer

Aparat keamanan saat ini juga selalu berjaga-jaga di pos-pos yang telah dibangun, dengan tujuan menjaga para pemudik baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk pulang ke kampung halaman.

"Tentunya dengan adanya rest area dan pos pengamanan di sejumlah tempat membuat nyaman para pemudik, karena mereka kalau lelah bisa beristirahat di pos tersebut dan nantinya untuk melanjutkan kembali perjalanan menuju kampung halaman," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya, pria yang di gadang-gadang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Kalteng tersebut berharap arus mudik hingga nanti arus balik Lebaran, semua prosesnya berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

"Maunya saya tidak ada kejadian kecelakaan serta hal-hal lainnya yang bisa merugikan masyarakat, baik dalam perjalanan maupun hal lainnya," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: Pergerakan ekonomi saat mudik diproyeksikan capai Rp386 triliun
 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024