Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu (Pemkab Pulau Seribu) memeriksa kesehatan pemudik dan pihak terkait di Dermaga Marina Ancol Jakarta Utara sejak 4 April hingga 16 April 2024.

"Layanan ini juga terbuka untuk kapten kapal, ABK, petugas keamanan dan semua pengunjung atau wisatawan, yang merasa sakit serta mengeluhkan sesuatu," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, dr Murniasi Hutapea di Jakarta, Minggu.

Is mengatakan layanan ini melibatkan satu dokter dan satu tenaga medis.

“Kita siapkan layanan ini untuk memberikan kenyamanan para wisatawan dan petugas yang ingin berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu,” katanya.

Ia mengatakan untuk operasional layanan ini, Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal yang disiapkan di dermaga Marina Ancol.

Baca juga: Gelombang kedua mudik gratis dari Tanjung Priok berangkat 7 April

“Kami menyiapkan pemeriksaan fisik, tekanan darah, suhu badan, denyut nadi dan pemberian obat sesuai gejalanya,” kata dia.

Sebelumnya, Polres Kepulauan Seribu membentuk lima pos pengamanan untuk Operasi Ketupat di daerah setempat pada 4 hingga 16 April 2024.

"Kami melibatkan semua pihak untuk menyamakan persepsi sinergi antar Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten (Forkopimkab) Kepulauan Seribu," kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jarot Sungkowo. 

Menurut dia, pendirian pos pengamanan itu bertujuan mendukung persiapan pelaksanaan pengamanan pada Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Ia mengatakan Polres Kepulauan Seribu di dukung TNI dan Kabupaten Kepulauan Seribu serta mitra keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) lainnya.

Baca juga: Korlantas berlakukan contraflow Jakarta-Cikampek

"Kita siapkan lima Pos Pam, di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan," kata dia.

Pos pengamanan tersebut akan ditempati personel gabungan yang terdiri TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, KSOP, Damkar, Sudinkes, Basarnas, FKDM serta mitra Kamtibmas.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024