Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, melayani sebanyak 132 penerbangan pada puncak arus mudik Lebaran 2024.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Senin, mengatakan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (6/4) dengan jumlah penumpang mencapai 20.192 orang.

"Puncak arus mudik telah terjadi pada Sabtu tanggal 6 April 2024 dengan jumlah penumpang 20.192 orang," ujar Pikri.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam layani 118 penerbangan pada H-4 Lebaran

Ia menyampaikan bahwa pada mudik tahun ini, tujuan Jakarta, Padang, Pekanbaru, dan Surabaya menjadi rute yang mendominasi arus mudik.

Menurut Pikri, sejak tanggal 3-7 April, Bandara Internasional Hang Nadim Batam telah memberangkatkan 80 ribu penumpang, naik 32 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah sampai dengan H-2 Lebaran kita tetap lancar dan diberikan kemudahan kelancaran dan juga semua berjalan sesuai dengan rencana," kata dia.

Baca juga: Hang Nadim Batam layani 37 penerbangan ekstra untuk mudik Lebaran

Untuk momentum Lebaran 2024, Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), melayani 37 penerbangan ekstra.

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati menyebutkan 37 penerbangan ekstra itu didominasi dengan tujuan Batam-Jakarta, Batam-Medan, Batam-Pekanbaru, dan sebaliknya.

"Maskapai yang melayani untuk penerbangan tambahan ada Citilink, Super Air Jet, dan Lion Air," ujar dia.

Nugroho mengatakan, Bandara Hang Nadim Batam tetap siaga 24 jam untuk mengantisipasi dan melayani jika ada pendaratan darurat, baik penerbangan domestik maupun internasional.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam lakukan operasional khusus saat masa lebaran

"Penerbangan ekstra semuanya pagi sampai sore, jadi tidak ada yang sampai malam. Namun, kalau untuk kondisi darurat kita siaga 24 jam jika ada pesawat yang mendarat darurat ke Batam," kata dia.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024