Kubu Raya (ANTARA) -
Pemkab Kubu Raya mewajibkan para sopir bus di Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Ambawang melakukan tes urine guna menciptakan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.
 
"Para sopir bus di area keberangkatan bus ALBN Ambawang ini dites urine. Kalau sehat dan taat pada aturan, insha Allah penumpang yang akan mudik juga akan sampai tujuan dengan selamat," ujar Pj Bupati Kubu Raya, Sy Kamaruzaman, di Sungai Ambawang, Senin.
 
Kamaruzaman menyebutkan Terminal ALBN Sungai Ambawan merupakan gerbang kedatangan dan keberangkatan antarnegara, provinsi dan juga antarkabupaten se-Kalimantan Barat.
 
Terminal ALBN Ambawang melayani tujuh trayek, yakni dua trayek antarnegara rute Pontianak-Brunai Darussalam dan Pontianak-Khucing, Sarawak. Trayek antarprovinsi adalah rute Pontianak-Pangkalan Bun dan antarkabupaten yakni Kabupaten Sintang, Nanga Pinoh, Ketapang dan Putussibau.
 
Jelang mudik Lebaran ini lebih kurang 65 sopir bus telah dites urine. Kamaruzaman juga meminta agar dilakukan pemeriksaan terhadap kelaikan kendaraan secara rutin sebelum dioperasikan.
 
"Saya pun meminta kepada petugas Dinas Perhubungan setempat maupun perusahaan otobus juga melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan secara rutin sebelum dioperasikan," ujarnya.
 
Kamaruzaman mengatakan jika pihaknya bersama Polres Kubu Raya mengharapkan pengemudi bus dapat mematuhi aturan saat membawa penumpang ke tujuannya dengan selamat.
 
Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo berpesan kepada para sopir bus maupun kendaraan pribadi agar mematuhi aturan berlalu lintas dan mengemudikan kendaraannya dengan baik.
 
"Karena jalur Jalan Trans Kalimantan yang merupakan jalan penghubung utama dari terminal ALBN merupakan wilayah rawan kecelakaan lalu lintas. Tentunya kami dari Polres Kubu Raya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mudik Lebaran idul Fitri 1445 Hijriah ini memperhatikan keamanan diri serta harta bendanya," ujarnya.

Baca juga: Polresta Kendari tes urine awak kapal yang layani arus mudik Lebaran

Baca juga: BNN Tanjungpinang tes urine ABK kapal penumpang angkutan Lebaran

Baca juga: Dishub: Dua terminal di Banten jadi lokasi tes urine sopir bus

Pewarta: Rizki Fadriani
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024