Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo ditutup naik 2,12 persen pada Kamis setelah Wall Street mencapai rekor tertinggi dan dolar menguat, sementara data menunjukkan pertumbuhan Jepang melambat pada kuartal ketiga tetapi masih mengalahkan perkiraan.

Indeks Nikkei 225 naik 309,25 poin menjadi 14.876,41, sedangkan indeks Topix dari semua saham papan utama naik 1,19 persen atau 14,36 poin menjadi 1.218,55.

Sesaat sebelum bel pembukaan, data resmi menunjukkan ekonomi terbesar ketiga dunia itu tumbuh pada tingkat tahunan 1,9 persen, menandai perlambatan dari kenaikan 3,8 persen dalam tiga bulan sebelumnya, namun melampaui perkiraan para ekonom.

"Secara keseluruhan, karena tingkat pertumbuhan melebihi konsensus pasar, itu adalah positif dan menawarkan dukungan psikologis terhadap pasar," Junya Naruse, kepala strategi pasar di Daiwa Securities, mengatakan kepada Dow Jones Newswires.

Sentimen juga mendapat dorongan setelah saham AS pada Rabu mencapai tertinggi baru sepanjang masa, menyusul laporan laba yang kuat dari raksasa ritel Macys yang meningkatkan harapan tentang musim belanja liburan mendatang.

Dalam perdagangan valas, dolar naik menjadi 99,70 yen dari 99,14 yen di New York pada Rabu sore, memberikan dorongan untuk saham-saham pengekspor yang mendapatkan manfaat dari yen yang lebih lemah.

Kenaikan dolar terjadi menjelang rapat dengan pendapat Janet Yellen di Senat pada Kamis waktu setempat, yang telah dinominasikan untuk menggantikan Ben Bernanke sebagai Ketua Federal Reserve.

Dalam keterangannya yang disiapkan untuk sidang pada Kamis tersebut, Yellen, Wakil Ketua The Fed saat ini, mengisyaratkan dukungannya untuk bank sentral melanjutkan kebijakan uang longgar sampai ekonomi terbesar dunia itu menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang kuat.

Yellen mengatakan pengangguran sebesar 7,3 persen masih terlalu tinggi dan mencerminkan ekonomi berjalan "jauh di bawah" dari potensinya.

Dalam perdagangan saham, Mizuho Financial Group, yang telah dikecam atas skandal pinjaman kepada gangster, naik 0,94 persen menjadi 214 yen, sementara bank terbesar Jepang Mitsubishi UFJ bertambah 1,57 persen menjadi 645 yen.

Kedua kreditur itu akan mengumumkan laba setengah tahun fiskal mereka pada Kamis sore.

Di antara pengekspor utama, Toyota naik 0,47 persen menjadi 6.310 yen, sementara Sony bertambah 2,29 persen menjadi ditutup pada 1.786 yen, demikian AFP.
(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013