London (ANTARA News) - Pasar saham utama Eropa menguat pada pembukaan perdagangan Kamis, di tengah harapan bahwa calon Ketua Federal Reserve Janet Yellen akan mempertahankan program stimulus bank sentral AS di tempat, kata para dealer.

Namun, keuntungan itu dibatasi oleh berita bahwa kegiatan ekonomi melambat di Jerman dan kontraksi di Prancis pada kuartal ketiga atau tiga bulan hingga September.

Dalam transaksi awal, indeks acuan FTSE 100 di London bertambah 0,88 persen menjadi 6.688,38 poin, indeks DAX 30 di Frankfurt meningkat 0,91 persen menjadi 9.137,48 poin dan indeks CAC 40 di Paris menguat 1,24 persen menjadi 4.292,63 poin dibandingkan dengan penutupan Rabu.

Investor menyambut komentar "dovish" dari Yellen, yang dinominasikan untuk menggantikan Ben Bernanke sebagai ketua Federal Reserve, saat ia bersiap untuk menghadapi uji kelayakan di Senat AS.

Dalam keterangannya yang disiapkan untuk sidang pada Kamis waktu setempat, Yellen, Wakil Ketua The Fed saat ini, mengisyaratkan dukungannya untuk bank sentral melanjutkan pembelian obligasi 85 miliar dolar AS per bulan sampai perekonomian AS menunjukkan tanda-tanda pemulihan kuat, demikian AFP.
(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013