Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 52 ribu pemudik memadati Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, pada arus mudik H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

"Per hari ini dari pukul 24.00 sampai pukul 15.00 ada sekitar 52 ribu penumpang yang masuk dan berangkat dari Terminal Purabaya," kata IT dan Humas Terminal Purabaya, Januar Putra Milenia di Sidoarjo, Senin.

Baca juga: Menhub minta petugas Terminal Purabaya pastikan keselamatan penumpang
 
Januar mengatakan bahwa pada arus mudik kali ini penumpang di terminal tersebut mengalami kenaikan sebesar 10 hingga 15 persen dibanding hari biasa.
 
"Jumlahnya rata-rata ada 50 hingga 60 ribu penumpang per harinya. Pada hari biasa ada 30-an ribu penumpang. Dari hari sebelumnya mengalami kenaikan 10 hingga 15 persen," ucap Januar.
 
Secara umum pemudik di Terminal Purabaya mengalami kenaikan sebesar 40 persen jika dibanding mudik tahun 2023. "Dari data kami, data tahun ini dengan tahun lalu, tahun ini mengalami kenaikan signifikan, penumpang sekitar 40 persen dan kendaraan 20 persen," ujarnya.
 
Untuk jumlah penumpang di tahun 2024 per tanggal 7 April, tercatat 63 ribuan penumpang. Sementara pada tahun 2023 tercatat di angka 40 ribuan.
 
"Pada tanggal 8-9 April 2024, diprediksi sama seperti hari ini, karena ada dua gelombang. Kemarin yang libur sekolah, sekarang yang karyawan luar kota dalam provinsi," ujar Januar.

Baca juga: Panglima: TNI siagakan 2.000 personel amankan mudik Lebaran di Jatim

Baca juga: Kapolri tekankan keselamatan pemudik saat cek pos di Terminal Purabaya
 
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya melakukan penambahan armada bus sebanyak 200 hingga 300 unit dan diutamakan rute terdekat seperti Mojokerto atau Nganjuk.
 
Pihak Terminal Purabaya mengimbau penumpang untuk selalu jaga barang bawaan, menghindari berangkat pada jam malam, dan lebih baik berangkat pagi dan sore.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024