mengisi BBM terlebih dahulu di SPBU Pertamina Rest Area KM 43A atau SPBU Pertamina Rest Area KM 68A sebelum exit Tol Merak
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga mengimbau para pemudik mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Rest Area Kilometer (KM) 43A dan 68A Tol Jakarta–Merak untuk mencegah penumpukan antrean di Pelabuhan Merak.

“Kami mengimbau para pemudik yang akan menyeberang di Pelabuhan Merak untuk mengisi BBM terlebih dahulu di SPBU Pertamina Rest Area KM 43A atau SPBU Pertamina Rest Area KM 68A sebelum exit Tol Merak yang telah mengalami kemacetan panjang,” ujar Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Berdasarkan laporan di lapangan pada hari Minggu (7/4), Eko mengatakan bahwa antrean panjang kendaraan terpantau di Pintu Tol Merak dan titik kemacetan di jalur tersebut telah mencapai KM 87.

Eko menjelaskan bahwa Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sebelumnya melaporkan adanya peningkatan volume kendaraan pada arus mudik Lebaran 2024 di Tol Tangerang–Merak yang menjadi penyebab terjadinya kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten.

Eko menyampaikan bahwa pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak dapat mengisi BBM kendaraan sebelum titik antrian panjang kendaraan.

Baca juga: Pertamina salurkan bantuan bagi korban banjir lahar dingin Marapi

Baca juga: Pertamina pastikan penyaluran energi tetap aman pascagempa di Dompu


Pertamina Patra Niaga sendiri, tutur Eko melanjutkan, telah menyiapkan antisipasi peningkatan kebutuhan BBM para pemudik yang melintasi wilayah Banten dengan menyiagakan SPBU dan layanan tambahan di sepanjang jalur Tol Jakarta–Merak menuju Pelabuhan Merak.

Para pemudik dapat melakukan pengisian BBM mulai dari SPBU di Rest Area KM 13, Rest Area KM 43, Rest Area KM 68, dan SPBU di exit Tol Merak.

Selain itu, kata dia, Pertamina juga telah menyiapkan 2 SPBU Modular di Rest Area Non SPBU di KM 70 dan di Dermaga Executive Merak, serta menyiagakan 8 motorist yang dapat mengantarkan BBM apabila pemudik kehabisan bahan bakar di lokasi yang jauh dari SPBU.

“Apabila pemudik kehabisan BBM, dapat menggunakan fasilitas Pertamina Delivery Service yang dapat dikontak melalui Call Center 135. Motorist dari Pertamina siap memberikan pelayanan kepada para pemudik,” kata Eko.

Baca juga: Pertamina tambah SPBU kantung di 11 titik jalur mudik Lebaran Tamer

Baca juga: Pertamina NRE siap suplai energi bersih selama libur Lebaran

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024