Jakarta (ANTARA) - Rudi Voeller memperpanjang kontrak menjadi direktur olahraga tim nasional Jerman hingga 2026 mendatang.

Dilansir dari laman resmi DFB, Selasa, Voeller yang juga merupakan pemain legenda timnas Jerman tersebut akan terikat kontrak dengan durasi hingga berakhirnya Piala Dunia 2026 mendatang.

"Rudi Voeller akan tetap menjadi direktur olahraga tim nasional pria Jerman sampai setelah Euro 2024. Kontrak pemenang Piala Dunia FIFA 1990 tersebut telah diperpanjang hingga akhir edisi Piala Dunia berikutnya di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko pada tahun 2026.," tulis DFB di laman resminya.

Baca juga: Rudi Voeller memperpanjang kontrak sebagai Direktur Timnas Jerman

Voeller merupakan orang yang telah mengenyam asam garam di timnas Jerman usai membawa negara berjuluk Tim Panser tersebut menjuarai Piala Dunia 1990 sebagai pemain, Voeller juga membawa Jerman menjadi runner-up pada gelaran Piala Dunia 2002 sebagai pelatih.

Voeller memulai tugas sebagai direktur olahraga Jerman pada 2023 lalu menggantikan posisi Oliver Bierhoff yang dipecat imbas hasil yang kurang memuaskan diraih oleh Manuel Neuer dan kawan-kawan pada gelaran Piala Dunia 2022.

"Dalam 14 bulan terakhir dalam peran ini, saya telah menemukan bahwa posisi tanggung jawab besar di DFB ini telah tumbuh semakin dekat ke hati saya setiap hari. Apa yang mungkin dimulai dari perasaan kewajiban kepada Jerman, DFB dan tim nasional telah berubah menjadi kerja cinta pribadi bagi saya dari waktu ke waktu," kata Voeller yang kini telah menginjak usia 63 tahun tersebut.

"Sebagai direktur tim nasional pria, saya ingin menggunakan pengalaman saya untuk memainkan peran saya dalam tim sepak bola paling penting di Jerman menjadi sukses lagi, juga di luar Piala Eropa di musim panas. Saya sangat menikmati bekerja dengan semua orang di DFB yang terlibat dengan tim nasional senior sampai ke tim muda," tambahnya.

Kini Voeller akan mengemban tugas berat dengan membawa Jerman kembali menorehkan prestasi usai terakhir kali menjadi juara pada gelaran Piala Dunia 2014. Jerman yang berstatus sebagai tuan rumah akan melakoni Piala Eropa 2024 pada musim panas mendatang.

Baca juga: Jerman tunjuk Rudi Voeller jadi direktur timnas

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024