Abuja (ANTARA News) - Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR), Kamis, menyatakan ada lebih dari 17.000 warga Nigeria yang mencari suaka di Chad, Kamerun, dan Niger akibat krisis di wilayah timur-laut Nigeria.

Angele Dikongue-Atangana, wakil UNHCR di Nigeria, mengungkapkan informasi tersebut selama taklimat di Abuja. Ia mengatakan UNHCR bekerjasama dengan negara itu untuk memastikan situasi pencari suaka guna menjamin keselamatan mereka.

Dikongue-Atangana menambahkan ketidakamanan terus menempati posisi atas di dalam daftar tantangan bagi UNHCR sementara ribuan orang terus kehilangan tempat tinggal.

"Dunia menghadapi krisis pengungsi paling seriusnya selama hampir 20 tahun, saat konflik terus memaksa puluhan dan ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka," kata wakil UNHCR tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua.

Ia mengatakan perang tetap menjadi penyebab dominan yang membuat orang meninggalkan tempat tinggal mereka, sementara lebih separuh dari pengungsi di dunia berasal dari negara yang dilanda pertempuran.

"Situasi kemanusiaan di Afrika Barat telah memburuk akibat ketidakamanan, tingginya angka pengangguran serta kemarau," kata Dikongue-Atangana.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013