Simpang Empat,- (ANTARA) -
Lebih seribu jamaah Surau Buya Lubuak Landua di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melaksanakan shalat Idul Fitri di surau atau mushalla itu pada Selasa (9/4) pagi.
 
Salah seorang tokoh masyarakat Lubuak Landua, Zikra Hidayat, di Simpang Empat, Selasa, mengatakan pelaksanaan shalat berjalan dengan aman dan lancar.
 
"Jamaah telah melaksanakan puasa Ramadhan selama 30 hari. Mulai puasa dulu satu hari dibandingkan pemerintah. Berdasarkan perhitungan itu maka dilaksanakanlah shalat Idul Fitri hari ini," katanya.
 
Jamaah yang melaksanakan shalat itu berasal dari beberapa daerah seperti Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, Duo Koto Pasaman sampai dari Madina, Sumatera Utara.
 
Selain itu beberapa di antaranya merupakan jamaah suluk Buya Lubuak Landia yang satu bulan terakhir berada di surau atau mushalla yang merupakan jamaah Tarekat Naqsabandiyah.
 
"Jamaah cukup ramai. Beberapa terpaksa berada di luar mushalla karena shaf di dalam sudah penuh," katanya.
 
Dalam pelaksanaan shalat itu, jamaah terlihat khusuk menjalankan ibadah dan dilanjutkan dengan khutbah serta doa bersama.
 
Selesai shalat beberapa jamaah terlihat bersalaman dan sebagian melihat wisata ikan larangan dekat mushalla itu.
 
Pelaksanaan shalat Idul Fitri di surau atau mushalla Buya Lubuak Landua yang duluan satu hari dari jadwal pemerintah merupakan hal yang biasa terjadi karena jamaahnya juga duluan berpuasa satu hari.
 
Shalat Idul Fitri di Surau Lubuak Landua itu diawali takbiran dan pawai api obor pada Senin (8/4) malam.

Baca juga: Ribuan warga di Nagan Raya Aceh sudah merayakan Idul Fitri

Baca juga: Muhammadiyah Bali sudah siapkan lokasi Shalat Ied

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024