Pasokan BBM di Jawa Timur dalam kondisi aman dan lancar saat periode puncak arus mudik pada 5-8 April 2024
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyebutkan pasokan bahan bakar minyak (BBM) mencukupi kebutuhan masyarakat di Jawa Timur saat puncak arus mudik Lebaran 2024.

"Pasokan BBM di Jawa Timur dalam kondisi aman dan lancar saat periode puncak arus mudik pada 5-8 April 2024," kata Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Untuk memastikan kondisi di Jawa Timur tersebut, Wahyudi Anas mengunjungi sejumlah SPBU di Sidoarjo, Surabaya, Gresik dan Jombang, pada Minggu-Senin (7-8/4/2024).

"Dalam kesempatan monitoring untuk memastikan stok BBM tercukupi pada periode mudik Lebaran di Jawa Timur hari ini, dapat kita lihat dari alat digitalisasi stok di tangki timbun tiap SPBU rata-rata 80 persen dan kemudian komitmen badan usaha penugasan PT Pertamina Patra Niaga, yang Alhamdulillah begitu mencapai 30 persen, bisa dikirim delivery order (DO) baru, sehingga tidak terjadi kekurangan stok, maupun juga potensi antrean," ujarnya.

Selain pasokan BBM, dalam kunjungannya, Wahyudi juga memperhatikan ketepatan penyaluran BBM dengan mengecek konsistensi alat ukur (tera internal) di setiap SPBU.

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju targetkan suplai BBM gasoline 78.000 kl

Baca juga: Pertamina imbau pemudik isi BBM di Rest Area KM 43A Tol Jakarta-Merak


"Kami juga melakukan pengecekan uji konsistensi alat ukur yang dilakukan sebagai tera internal telah dijalankan dan semua hasilnya cukup baik serta sesuai batas toleransi yang telah ditetapkan Direktorat Metrologi," ujarnya.

Di samping itu, ia juga mengecek tidak adanya kandungan air dalam tanki timbun di setiap SPBU.

"Hasilnya, dari sampling Pertalite dan Bio Solar menunjukkan clean atau tidak ada kontaminasi air sama sekali," tuturnya.

Wahyudi juga mengapresiasi kesiapan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR) V dalam memenuhi kebutuhan BBM masyarakat dan program fasilitas penunjang lainnya yang disediakan SPBU di sepanjang tol Jawa Timur.

"Pertamina Patra Niaga telah menyediakan layanan tambahan berupa SPBU Kios modular yang tersebar di Jawa Timur ini dan sangat membantu masyarakat. Selain juga ada Serambi MyPertamina, yang dilengkapi tempat istirahat, cek kesehatan gratis, dan hiburan bermain anak, yang merupakan bagian dari layanan masyarakat saat rehat sejenak dalam perjalanan mudik Lebaran," jelasnya.
Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas (kanan) mengunjungi sejumlah SPBU di Sidoarjo, Surabaya, Gresik, dan Jombang, Jawa Timur, pada Minggu-Senin (7-8/4/2024). ANTARA/HO-Humas BPH Migas


Sementara itu, Sales Area Manager (SAM) Retail Surabaya Pertamina Patra Niaga M Ivan Syuhada menyampaikan pihaknya mendukung pemerintah untuk memastikan pasokan energi selama Idul Fitri 2024 berjalan dengan lancar.

"Dalam memberikan kenyamanan mudik, kami telah menyiapkan kurang lebih 200 mobil tangki yang siap melayani kebutuhan akan BBM di seluruh Jawa Timur. Kami juga menyiapkan lebih dari 200 SPBU Kios modular dan juga 80 motoris. Satgas RAFI juga siap sedia 24 jam," ungkapnya.

Kegiatan dihadiri pula Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Patra Niaga Area Sidoarjo Dimas Mulyo, SBM Surabaya Donny Prasetya, SBM Gresik Arif Rokhman Khakim, dan SPM Jombang Agung Surya P, serta perwakilan Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM.

Baca juga: Pertamina pastikan penyaluran energi tetap aman pascagempa di Dompu

Baca juga: BPH Migas minta badan usaha penugasan jaga pasokan BBM di Bali

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024