Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk membuat rekayasa lalu lintas (lalin) guna mengurai kemacetan selama mudik Lebaran 1445 Hijriah.
 
"Siapkan skema rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kemacetan panjang agar tidak memakan korban jiwa seperti yang sudah-sudah," kata Rio kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Rio menjelaskan, Pemprov DKI sudah seharusnya menyiapkan skema untuk mengantisipasi kemacetan terutama di pelayanan transportasi mulai dari stasiun, terminal hingga pelabuhan.

Dia berharap dengan adanya antisipasi ini warga bisa dengan aman, nyaman dan selamat sampai kampung halaman.

“Selain itu, skema untuk mengurai antrean di pelabuhan perlu dipikirkan secara matang dan komprehensif,” tambahnya.

Baca juga: Polisi fasilitasi mudik gratis ke Muara Gembong Bekasi dengan perahu

Rio juga mengingatkan bagi petugas untuk memastikan perjalanan pemudik lancar dan nyaman dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan pemudik.

Selain itu, dia mengimbau kepada pemudik agar wajib memperhatikan kesehatan fisik dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Salah satu cara menjaga kesehatan yakni perlu adanya persiapan obat-obatan yang dibutuhkan serta istirahat cukup untuk menghindari kelelahan.

Kemudian, diingatkan pula pemudik harus memastikan keamanan rumah saat akan ditinggal mudik hingga kendaraan yang prima.
 
“Tetap disiplin dan tertib peraturan serta terus aktif berkomunikasi dengan keluarga,” ujarnya.

Baca juga: KAI Daop 1 berangkatkan 44.747 pemudik pada H-1 Lebaran 2024

Sebelumnya, Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan (UPTAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengerahkan 60 petugas Pengatur Lalu Lintas (PPLL) untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024 pada terminal utama dan bantuan.
 
"Kami menyiapkan empat terminal utama dan tiga terminal bantuan untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini," kata Kepala UPTAJ Dishub DKI Jakarta Syamsul Mirwan. 

Empat terminal utama tersebut meliputi Kampung Rambutan, Kalideres, Tanjung Priok, dan Terminal Terpadu Pulogebang. Sementara terminal bantuan tersebar di Muara Angke, Lebak Bulus dan Terminal Grogol.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024