Jakarta (ANTARA) - Kepolisian menggencarkan patroli keamanan di sekitar rumah kosong di Jakarta Pusat yang ditinggal mudik ke kampung halaman oleh pemiliknya untuk merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Polres Metro Jakarta Pusat dan Polsek jajaran siap melaksanakan Patroli Mobile dan sambang wilayah antisipasi rumah kosong yang ditinggal mudik Lebaran ke kampung halamannya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi 
Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Susatyo mengharapkan masyarakat Jakarta yang mudik Lebaran dapat memperhatikan dan mengecek kembali kondisi rumah, seperti mengecek kompor gas dengan melepas selang agar menghindari kebocoran gas hingga kebakaran.
 
Lalu colokan listrik yang tidak perlu agar dicabut untuk menghindari arus pendek listrik (korsleting) kemudian titipkan kepada Ketua RT dan warga sekitarnya apabila mudik. Selanjutnya memastikan kendaraan dalam kondisi sehat sehingga tidak kendala di perjalanan.
 
Selain itu menjaga kesehatan dan apabila lelah di perjalanan mak istirahat agar kondisi tubuh dalam keadaan sehat sampai tujuan. "Kami ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin," kata Susatyo.

Baca juga: Polisi fokuskan pengamanan di pusat keramaian saat libur Idul Fitri
Baca juga: 170 pelajar yang terlibat tawuran dikumpulkan di Balai Kota DKI
 
Patroli Mobile yang dilaksanakan Polres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) dan jajarannya juga menyampaikan imbauan kepada warga yang tidak mudik agar selalu menjaga keamanan lingkungan.
 
Apabila ada kejadian, permasalahan atau tindak kriminal di lingkungan warga, kata Susatyo masyarakat dapat segera menghubungi Polsek terdekat untuk ditindaklanjuti.
 
Dia berpesan kepada warga yang tidak mudik agar bersama-sama menjaga keamanan dan antisipasi pelaku kejahatan rumah kosong maupun kejahatan lainnya. "Mari kita jaga bersama-sama wilayah Jakarta Pusat supaya aman dan kondusif," ucap Susatyo.
 
Susatyo juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu melakukan takbiran keliling dan tidak menyalakan petasan ataupun kembang api yang dapat memancing keributan atau mengganggu warga sekitar.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024