Tahun ini ada peningkatan arus kunjungan dibandingkan 2023 dari jumlah penumpang dan kargo di bandara
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Daerah Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Perhubungan mencatat kenaikan pergerakan penumpang di Bandara Komodo Labuan Bajo menjelang Lebaran 2024.
 
 
"Tahun ini ada peningkatan arus kunjungan dibandingkan 2023 dari jumlah penumpang dan kargo di bandara," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat Adrianus Gunawan dihubungi di Labuan Bajo, Selasa.
 
 
Berdasarkan data Posko Lebaran 2024 Kementerian Perhubungan di Bandara Komodo Labuan Bajo, lanjut dia, pada H-7 sampai H-2 Lebaran atau hingga Senin (9/4) jumlah pergerakan penumpang sebanyak 16.680 pergerakan atau naik 24 persen dari yang periode yang sama di 2023 yakni sebanyak 13.463 pergerakan.
 
 
Ia menambahkan pada H-2 jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Komodo Labuan Bajo lebih banyak daripada jumlah penumpang yang tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo.
 
 
"Total pergerakan penumpang kemarin itu sebanyak 2.991 penumpang dengan rincian 1.567 penumpang yang tiba dan 1.344 penumpang yang berangkat," katanya.
 
 
Ia menjelaskan terdapat juga posko lainnya di Terminal Multipurpose Wae Kelambu yang mendata jumlah kapal logistik selama libur Lebaran dan posko di Syahbandar Labuan Bajo untuk mengetahui penumpang atau wisatawan naik dan turun di pelabuhan Marina Labuan Bajo.
 
 
"Posko ini secara nasional dan kami saling informasikan demi keamanan dan kenyamanan wisatawan dan penumpang sekaligus mengantisipasi hal-hal yang luar biasa, sejauh ini tidak ada masalah," katanya.
 
 
Ia menjelaskan seluruh stakeholder di daerah itu bersinergi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan warga serta wisatawan di Labuan Bajo jelang Lebaran 2024 di daerah itu.

Baca juga: Pemda Manggarai Barat distribusi ribuan paket sembako jelang Lebaran
Baca juga: Masyarakat adat berikan tanah tujuh hektare ke Pemda Manggarai Barat
Baca juga: Menparekraf apresiasi Pemda Manggarai Barat turunkan pajak hiburan

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024