Nagaswara tidak main-main, kita konsen agar lagunya dikenal di masyarakat Indonesia. Nanti CD-nya akan diedarkan,"
Jakarta (ANTARA News) – Perusahaan rekaman Nagaswara berencana membuat album compact disk (CD) para finalis Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara (LCLPDN) untuk mempopulerkan lagu daerah di masyarakat.

"Nagaswara tidak main-main, kita konsen agar lagunya dikenal di masyarakat Indonesia. Nanti CD-nya akan diedarkan," kata CEO Nagaswara, Rahayu Kertawiguna, di Jakarta, Jumat.

Rahayu yang merupakan salah satu dewan juri dalam festival LCLPDN 2013 mengatakan selama penjurian, dia melihat banyak musisi daerah yang bertalenta.

“Selama ikut penjurian, saya melihat banyak musisi-musisi daerah yang harus kita angkat,” katanya.

Menurut dia, festival LCLPDN merupakan kesempatan untuk mempopulerkan para finalis agar karya mereka bisa dikenal dan dinikmati masyarakat luas.

Menurut dia, nantinya enam lagu pop daerah yang masuk sebagai finalis LCLPDN 2013 akan digabungkan dengan enam lagu pemenang LCLPDN 2012 sehingga total lagu dalam kompilasi album tersebut berjumlah 12 lagu. Pihaknya pun optimistis album tersebut nantinya bisa diterima di masyarakat.

Dalam LCLPDN 2013, tim dewan juri berhasil menjaring 108 lagu daerah yang berasal dari 28 provinsi di Tanah Air. Dari ratusan lagu tersebut, juri akhirnya mengerucutkan pilihan menjadi 10 lagu terbaik.

Dalam menetapkan pemenang, dewan juri menetapkan beberapa kriteria penilaian yakni karya lagu bernafaskan khas daerah atau berbahasa daerah yang sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah yang diwakili dan karya lagu murni hasil karya sendiri yang belum pernah dipublikasikan secara komersial.


"Tema lagu harus berkaitan dengan misalnya potensi wilayah, budaya setempat, keindahan alam atau nasionalisme," katanya.

Sementara grand final LCLPDN 2013 dijadwalkan akan berlangsung pada 26 November 2013 mendatang.(*)


Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013