Jayapura (ANTARA) -
Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Papua mengingatkan umat Muslim untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat malam takbiran menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah sehingga kegiatan itu memperkuat semangat toleransi beragama di daerah setempat.
 
Ketua Harian PHBI Provinsi Papua Alwi Tianlean di Jayapura, Selasa, mengatakan malam takbiran dilakukan setelah Shalat Isya hingga selesai
 
“Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh umat Muslim pada malam takbiran agar menjaga keamanan dan ketertiban saat melakukan pawai," katanya.
 
Dia menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan waktu istirahat sehingga malam takbiran tidak mengganggu orang lain.

Baca juga: Wamenag imbau masyarakat tetap tertib dalam meramaikan malam takbiran
 
Ketua Umum Masjid Raya Baiturrahim Jayapura Kahar Yalipelle mengatakan pihaknya tidak melakukan pawai obor namun menggelar malam takbiran di dalam masjid.
 
"Kami memang tidak melakukan pawai obor karena kondisi kota yang akan membuat kemacetan sehingga dapat mengganggu ketertiban umum," katanya.
 
Meski mengumandangkan takbir di dalam mesjid, kata dia, hal itu tidak mengurangi semangat umat Muslim dalam menyongsong Idul Fitri 1445 Hijriah di "Bumi Cenderawasih" --sebutan untuk Papua.
 
"Kami juga melakukan takbiran hanya di masjid dan hanya pada pukul 22.00 WIT, di mana masjid raya merupakan ikon di Tanah Papua maka masjid yang lain mengikuti apa yang kami lakukan," ujarnya.

Pihak PHBI Provinsi Papua menyebutkan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4), akan dilaksanakan di halaman kantor gubernur setempat di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Baca juga: Istiqlal siapkan rampak bedug pada malam takbiran
Baca juga: Umat Islam di Biak pawai takbir keliling menyambut Idul Fitri
Baca juga: Warga DKI Jakarta diimbau tak takbir keliling

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024