Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di sepanjang Selasa (9/4), di antaranya Open house di Istana Negara dibuka hari ini mulai pukul 09.00 WIB hingga Gunung Semeru meletus, lontarkan abu vulkanik sejauh satu kilometer.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Open house di Istana Negara dibuka besok mulai pukul 09.00 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan menggelar open house di Istana Negara Jakarta pada hari pertama perayaan Idul Fitri 1445 H, Rabu (10/4), yang dibuka mulai pukul 09.00 WIB.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan durasi kegiatan itu tidak berlangsung hingga sore karena adanya keterbatasan, sehingga masyarakat yang ingin bersilaturahim langsung dengan Presiden Jokowi bisa datang lebih awal.

Selengkapnya baca di sini


2. Jalan Kraton Pasuruan Jawa Timur lumpuh akibat terendam banjir

Jalan Nasional di Tambakrejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Jawa Timur lumpuh total akibat terendam banjir setinggi 50-60 centimeter yang melanda wilayah tersebut, Selasa pagi.

Kasatlantas Polres Pasuruan Kota, AKP Agus Prayitno di Pasuruan Selasa mengatakan, sampai saat ini jalur pantura di Desa Tambakrejo masih ditutup untuk semua kendaraan. Sebab ketinggian air banjir masih belum memungkinkan untuk kendaraan bisa melintas dengan aman.

"Semua demi keselamatan pengguna jalan, karena genangannya cukup tinggi. Daripada banyak yang nekat menerobos, maka kami putuskan untuk menutup jalur kendaraan sampai air surut dan jalan bisa dilewati," kata Agus.

Selengkapnya baca di sini


3. Kemenkes: Belum ada risiko kasus virus B di Indonesia

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan hingga kini mereka belum mendeteksi adanya risiko kasus Virus B di Indonesia.

"Ini penyakit masih penyakit zoonotik, dan kalau lihat kecepatan jumlah orang yang sakit, sampai saat ini baru dilaporkan satu orang," katanya ketika dihubungi di Jakarta, Selasa.​​​​​​​

Nadia mengatakan, penyakit tersebut ditularkan melalui gigitan atau cakaran binatang, bukan dari manusia ke manusia, sehingga sulit bagi penyakit itu untuk ditularkan secara cepat.

Selengkapnya baca di sini


4. Dishub Bandung: Puncak arus mudik di Jalur Nagreg sudah terlewati

Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Jawa Barat menyebut puncak arus mudik Lebaran 2024 di Jalur Nagreg dari arah Kabupaten Bandung ke arah Kabupaten Garut dan Tasikmalaya sudah terlewati.

Koordinator Humas Pos Pengamanan Lebaran Dinas Perhubungan Kabupaten Badung Eric Alam Prabowo di Kabupaten Bandung Selasa mengatakan, arus lalu lintas pada Senin atau H-2 Lebaran 2024 lebih banyak dibandingkan hari Minggu (7/4) atau H-3 Lebaran 2024.

“Volume kendaraan di Jalur Nagreg mengalami puncak arus mudik di H-2 kemarin dengan 113.298 kendaraan yang melintas ke Nagreg,” kata Eric​​​.

Selengkapnya baca di sini


5. Gunung Semeru meletus, lontarkan abu vulkanik hingga satu kilometer

Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, meletus dengan melontarkan abu vulkanik hingga satu kilometer di atas puncak Mahameru pada Selasa.

Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, tercatat erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa itu pada Selasa sebanyak tiga kali hingga pukul 15.00 WIB yakni pukul 06.17 WIB, kemudian 07.51 WIB, dan pukul 10.34 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Selasa 9 April 2024 pukul 06.17 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Ghufron Alwi dalam laporan tertulisnya di Lumajang.

​​​​​​​Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024