Kota Bandung (ANTARA) - Ribuan warga dari berbagai wilayah di Bandung, Jawa Barat, mengikuti Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Lapang Gasibu, Rabu.

“Perkenankan saya atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat ucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriyah,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Shalat Id.

Dalam sambutannya, Bey Machmudin mengatakan di momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini dapat meningkatkan iman dan taqwa umat Islam kepada Allah SWT.

“Momentum Idul Fitri bukan sekedar perayaan kemenangan setelah kita menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, tetapi juga merupakan momentum penting untuk merenungkan makna dan nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya,” kata dia.

Dia juga menyampaikan pesan untuk mensyukuri nikmat kekayaan alam dan kebudayaan yang dimiliki oleh Jawa Barat. Dengan semangat Idul Fitri yang penuh kasih dan toleransi, masyarakat diharapkan dapat bersatu untuk merayakan pesan kedamaian dan persatuan.

“Semoga semangat kebersamaan dan kerukunan yang telah kita bangun dapat kita jaga dan kembangkan sehingga Jawa Barat tetap menjadi tempat yang sejahtera dan harmonis bagi kita semua,” katanya.

Baca juga: Masjid Istiqlal siapkan tempat Shalat Idul Fitri untuk 250 ribu orang

Pada pelaksana shalat Idul Fitri di area Masjid Raya Al Jabbar itu, KH Rifat Aby Syahid (pengasuh pondok pesantren di Cicalengka) ditunjuk sebagai imam kemudian KH Rafani Akhyar (Sekretaris Unum MUI Jabar) menjadi khatib.

Meski shalat di area luar, panitia meminta agar para warga yang akan shalat itu melepas sandalnya sebelum memasuki ke area tempat shalat.

Selain itu, masyarakat juga diperkenankan hanya membawa sajadah atau alas untuk shalat lainnya dan dilarang membawa kertas atau koran sebagai alas.

 

Baca juga: PHBI Mimika: 1.000 umat Muslim mengikuti Shalat Id 1445 Hijriah

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024