Dhaka (ANTARA) - Arus mudik terus berlanjut di terminal bus dan stasiun kereta di Dhaka, Ibu Kota Bangladesh, pada Selasa (9/4) atau dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri di negara tersebut.

Mayoritas umat Muslim di Bangladesh akan merayakan Idul Fitri pada Kamis (11/4), sebagaimana keputusan Komite Pengamatan Bulan Nasional negara itu.

Arus mudik mulai meningkat di jalan-jalan utama keluar Dhaka. Banyak warga telah memulai perjalanan mudik mereka beberapa hari lebih awal untuk menghindari kemacetan.

Sementara para penumpang memadati terminal kapal feri, kereta, dan bus. Penduduk kota lainnya yang memiliki mobil pribadi atau kendaraan sewaan melakukan transaksi belanja dan bisnis di saat-saat terakhir sebelum perjalanan panjang menuju kampung halaman.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kesulitan para pemudik dilaporkan kian memburuk dengan adanya kemacetan panjang di semua jalan raya yang menghubungkan Dhaka, akibat membludaknya bus-bus yang akan keluar kota.

Banyak orang mempertaruhkan nyawa mereka dengan berpegangan pada susuran pagar pembatas kapal feri dan kereta.

Menurut beberapa perkiraan, jutaan orang meninggalkan Dhaka dua kali dalam setahun, yaitu pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha atau hari raya kurban. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024