Jakarta (ANTARA) - Pedagang bunga di tempat pemakaman umum (TPU) Grogol Kemanggisan, Jalan Kemanggisan Pulo No.51, RT.1/RW.9 Palmerah, Jakarta Barat meraup omzet hingga Rp1 juta dalam satu hari penjualan.

"Kalau sehari, omzet bisa sampai Rp1 juta lebih," kata salah satu pedagang bunga mawar di TPU itu, Ugi (40) saat ditemui di Jakarta, Rabu. Ugi menjual bunga mawar satu paket dengan air mawar, cacahan pandan dan bunga melati seharga Rp15 ribu per paket.

"Satu paketnya Rp15 ribu, ada bunga mawar, air mawar, pandan, melati juga," kata Ugi.

Lain lagi dengan Tedy (40) yang mengaku menjual bunga mawar dengan harga yang bervariasi.

Baca juga: Lebaran pertama, ribuan pengunjung padati TPU Grogol Kemanggisan

"Kalau saya, kadang jual dua paket itu Rp25 ribu, terus kadang juga terpisah bunga sama air mawarnya. Tergantung permintaan aja," kata Tedy.

Sebelumnya, ribuan pengunjung memadati tempat pemakaman umum (TPU) Grogol Kemanggisan di Jalan Kemanggisan Pulo No.51, RT.1/RW.9 Palmerah, Jakarta Barat pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Mereka sebagian besar datang dalam kelompok keluarga untuk berziarah ke makam keluarga dan kerabat.

"Saya berziarah ke makam istri dan ibu. Tadi, bersama dua anak saya dan keluarga," kata salah seorang pengunjung, Eby (38).

Mengunjungi makam ibu dan istrinya adalah tradisi rutin yang dilakukan Edy bersama keluarganya setiap kali Idul Fitri.

Baca juga: Warga padati TPU Karet Bivak di hari pertama Lebaran 2024

"Setiap tahun emang sekeluarga ke sini. Ini tadi, kita udah beli bunga sama air mawar juga. Setiap tahun begitu," kata Eby.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024