Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 2.000 masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia datang dan memadati Wisma Nusantara London untuk mengikuti Salat Idul Fitri dan Halal Bihalal 1445 H yang diselenggarakan KBRI London pada Rabu.

“Tiap tahunnya antusiasme masyarakat untuk menghadiri lebaran KBRI London, khususnya paska
pandemi, semakin meningkat. Hadirin pada pagi ini tercatat lebih dari 2.000 orang”, ucap Duta Besar
RI untuk Inggris, Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional, Desra Percaya dalam rilis pers KBRI yang diterima pada Kamis.

Dubes Desra mengatakan banyak dari masyarakat Indonesia yang berada di luar London rela menempuh perjalanan berjam-jam dan di tengah cuaca yang mencapai 7 derajat Celcius demi berlebaran bersama.

Lebaran kali ini di KBRI London dimeriahkan oleh pasangan penyanyi Dewi Gita dan Armand Maulana beserta putri mereka Naja.

Kedua pasangan tersebut memainkan lagu hits mereka seperti Janji dan Terbang. Armand juga sempat berduet dengan Dubes Desra yang memainkan saksofon saat melantunkan lagu 11 Januari.

Sementara itu. khutbah kali ini yang disampaikan Ustadz Dr. Harjani Hefni, Lc. MA, Dosen IAIN Pontianak selaku khatib adalah pentingnya menjaga fitrah, melalui puasa yang mengajarkan kesabaran, kepedulian, dan melakukan kebaikan.

Masyarakat Indonesia yang mengikuti salah Ied kali ini dapat menikmati kuliner khas lebaran seperti opor ayam, lontong sayur, sambal goreng ati dan jajanan pasar sembari menikmati lagu yang dinyanyikan Armand dan beberapa diaspora yang berbasis di Inggris.

Salat Idul Fitri dan Halal Bihalal ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Ramadan - Idul Fitri 1445H yang diselenggarakan oleh KBRI London, dan diharapkan acara ini dapat memupuk rasa persatuan dan mengobati rasa kangen masyarakat Indonesia yang berada di Inggris dan Irlandia akan suasana tanah air.

Baca juga: Kemarin, presiden shalat di Istiqlal-Ketua TKN sambangi rumah Mega
Baca juga: WNI di Qatar jalankan shalat Idul Fitri 1445 H
Baca juga: Ratusan WNI laksanakan shalat Idul Fitri di halaman KBRI Beijing

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024