Kenaikan pengunjung meningkat hingga tiga sampai empat kali lipat.
Karawang (ANTARA) - Jasamarga Related Business menyebutkan seluruh pengunjung rest area di jalan tol mengalami lonjakan signifikan selama musim mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Denny Abdurachman, dalam keterangannya di Karawang, Jawa Barat, Kamis, mengatakan pengunjung rest area travoy melonjak pada momen mudik Lebaran. Bahkan lonjakan terjadi hingga 300 persen di beberapa rest area travoy.

Ia menyampaikan, kenaikan pengunjung yang signifikan terjadi di beberapa titik rest area travoy. Seperti Rest Area Km 88A ruas Tol Cipularang, Km 207A ruas Palikanci, dan Rest Area Km 519A ruas Jalan Tol Solo-Ngawi.

"Kenaikan pengunjung meningkat hingga tiga sampai empat kali lipat. Bahkan, rest area travoy 519A mengalami kenaikan hingga 321 persen dengan rata-rata 11.571 kendaraan per hari," katanya pula.

Sepanjang musim mudik Lebaran, kata dia lagi, pihaknya telah memberlakukan buka tutup rest area untuk meminimalisir tumpukan kendaraan. Selain itu, juga menyampaikan imbauan kepada pengunjung untuk selalu bergantian saat beristirahat di rest area travoy selama 30 menit.

"Adapun untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, kami juga turut menambah bilik toilet menjadi 599 bilik hingga menambah personel kebersihan dan keamanan," katanya.

Pada sisi lain, Denny menambahkan, pihaknya juga akan memberlakukan hal serupa dalam mengawal arus balik Lebaran yang diprediksi mulai terjadi pada Minggu (14/4).

"Tentunya, petugas kami juga akan selalu standby di rest area travoy, baik itu petugas keamanan dan kebersihan setempat, hingga Satuan Tugas (Satgas) yang tersebar di seluruh rest area travoy," katanya pula. 
Baca juga: Polisi berlakukan buka tutup di rest area KM57 tol Jakarta - Cikampek
Baca juga: Pemudik diingatkan tak parkir kendaraan di bahu jalan dekat rest area

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024