Purwakarta (ANTARA) - Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division sebagai pengelola ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi bersama dengan Jasa Marga Related Business selaku service provider memastikan kesiapan operasional tempat istirahat dan pelayanan atau rest area pada arus balik Lebaran 2024.

Senior General Manager Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division, Widyatmiko Nursejati dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Jumat, mengatakan bahwa rest area di jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi siap dimanfaatkan oleh pengguna jalan tol tersebut pada arus balik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: BAZNAS hadirkan ZCorner di Rest Area KM 72 Cipularang

Ia menyampaikan rentang waktu arus balik yang pendek berpotensi menyebabkan peningkatan dan kepadatan arus lalu lintas di jalan tol. Untuk mengantisipasi kelelahan dalam berkendara, Jasa Marga Metropolitan Tollroad mengimbau agar pengguna jalan dapat menggunakan rest area yang tersedia di ruas tol yang dilalui.

Pada periode arus balik Lebaran, kata dia, Jasa Marga Metropolitan Tollroad mengoptimalkan layanan lima titik rest area arah Jakarta dan tiga titik rest area arah Bandung/Cileunyi pada ruas tol Cipularang dan Padaleunyi.

Rest area di ruas Padaleunyi arah Jakarta, di antaranya di KM 125 B dan KM 149 B dan arah Cileunyi di KM 147 A. Kemudian, ruas Cipularang arah Jakarta berada di KM 72 B, KM 88 B dan KM 97 B dan arah Bandung di KM 72 A, dan KM 88 A.

Menurut dia, dalam hal pelayanan keamanan dan kesehatan pengguna rest area, pengelola mendirikan 12 posko kesehatan dan posko keamanan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan/instansi setempat.

Baca juga: Petugas terapkan buka tutup rest area KM 57 jika over kapasitas

Baca juga: Seorang pemudik melahirkan di Rest Area Cipularang


Selain itu, ada 10 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan menyiagakan layanan bengkel darurat dan pemberlakuan buka tutup rest area sesuai diskresi kepolisian untuk mengantisipasi antrean panjang yang mengakibatkan kemacetan di jalan tol.

Widyatmiko menyebutkan sebagai upaya peningkatan layanan kepada pengguna rest area KM 88 A & B, dilakukan penambahan 81 toilet fungsional dan menyiagakan pelayanan selama 24 jam. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024