baru sempat berziarah di hari kedua Lebaran
Jakarta (ANTARA) - Warga Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mulai memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Pulau Karya untuk melakukan ziarah kubur di hari libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Baru hari ini kami ke sini, kemarin Lebaran ke rumah orang tua dan saudara bareng keluarga rame-rame," kata salah seorang warga Ramli di Jakarta,Kamis.

Ia mengatakan baru sempat berziarah di hari kedua Lebaran karena sebelumnya sibuk bersilaturahmi  bersama sanak keluarga lainnya.

Sebelum melakukan berkunjung ke makam, Ramli terlebih dahulu membeli bunga seharga Rp10.000 per bungkus dana air mawar Rp20.000 per botol.

"Biasa beli dulu air mawar dan bunga. Terakhir ya sebelum puasa ke sini ziarah, sekarang masih di Idul Fitri biasa ke sini lagi," terangnya.

Warga lainnya, Amirullah mengatakan Lebaran adalah satu-satunya momentum seluruh anggota keluarga bisa berkumpul untuk ziarah dan foto bersama untuk diabadikan di media sosial.

"Kalau enggak Lebaran susah mengumpulkan keluarga, pasti ada saja kesibukannya. Kalau hari ini setelah berkunjung ke rumah saudara mumpung lengkap sekalian saja ziarah," katanya.

Sementara petugas TPU Pulau Karya Lukman Nurhakim mengatakan peziarah ramai datang ke tempat pemakaman di hari kedua Lebaran.

Ia mengatakan puluhan warga yang melakukan ziarah kubur terus berdatangan sejak pagi hingga siang hari.

"Mereka menggunakan kapal ojek, terlihat juga masih mengenakan pakaian Lebaran yaitu pakaian Muslim dan Muslimah seperti di hari pertama Idul Fitri," kata dia.
Baca juga: Polisi pastikan keamanan warga yang berwisata ke Kepulauan Seribu
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu intensifkan PSN untuk cegah penyebaran DBD
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu tangkap kapal langgar aturan alat tangkap

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024