Sasaran kita menurunkan angka kematian ibu yang sekarang 98 orang per 100.000 kasus...
Jakarta (ANTARA News) - DKI Jakarta meraih delapan penghargaan Kota Sehat.

Penghargaan tersebut antara lain adalah penghargaan Wistara untuk Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, penghargaan Wiwerda untuk Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur, serta penghargaan Padapa untuk Kepulauan Seribu.

"Kita bangga mendapat delapan penghargaan ini karena mengindikasikan masyarakat kita sudah sehat dan banyak terobosan yang dilakukan Pemprov DKI sukses seperti menjadikan Waduk Pluit sebagai Taman dan lain-lain," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati di Jakarta, Senin.

Dien mengatakan, tahun ini Jakarta menjadi lebih sehat dengan diraihnya dua penghargaan grade I Kota Sehat Wistara.

"Sebelumnya kita hanya menerima satu Wistara yang diraih Jakarta Pusat, mudah-mudahan target selanjutnya penghargaan Wiwerda bisa naik jadi Wistara semua," katanya

Penilaian Kota Sehat dilakukan dua tahun sekali oleh pemerintah pusat. Penilaian dikategorikan ke dalam tiga tingkatan yaitu Padapa (pemantapan), Wiwerda (pembinaan) dan Wistara (pengembangan).

Kriteria penilaian Kota Sehat antara lain terpenuhinya indikator seperti wajib belajar sembilan tahun, berfungsinya seluruh kelembagaan yang ada di kota sehat, adanya kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, menurunnya angka kematian ibu melahirkan dan lain-lain.

"Sasaran kita menurunkan angka kematian ibu yang sekarang 98 orang per 100.000 kasus, selain itu menurunkan angka kematian bayi dan angka gizi buruk agar Jakarta semakin sehat," kata Dien.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013