Jakarta (ANTARA) - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung menilai penampilannya kurang maksimal pada babak perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China, Jumat.

Gregoria tunduk kepada unggulan kedua asal China Chen Yu Fei dengan 16-21, 19-21.

"Kesempatan itu sebenarnya ada, tapi untuk mengejar kesempatan itu tentu butuh perjuangan. Cuma yang saya alami di tengah lapangan tadi, rasanya tidak mencerminkan sebuah perjuangan yang maksimal,"  ungkap Gregoria dalam keterangan singkat PP PBSI.

Gregoria yang turun sebagai unggulan ketujuh dalam turnamen itu menyebutkan rasa tidak nyaman saat bertanding pada partai delapan besar tadi muncul dari dalam dirinya sendiri. Hal itu pun membuat pola permainannya tidak berkembang.

"Saya kalah oleh diri sendiri dan keadaan yang tidak nyaman karena kesalahan saya sendiri. Hal itu yang membuat di gim pertama tidak berkembang, kendati di akhir-akhir saya terus mencoba mengejar," kata Gregoria.

Baca juga: Fajar/Rian hingga Gregoria hadapi para unggulan di perempat final BAC

Pada gim kedua, tunggal putri peringkat tujuh dunia itu berusaha memberikan perlawanan yang lebih maksimal lagi dan membuahkan hasil sampai unggul 17-14.

Namun, Gregoria tidak bisa memanfaatkan momentum dan malah terkejar.

"Di gim kedua saya ingin reset dari awal lagi. Tidak memikirkan kekalahan di gim pertama. Sayang di akhir-akhir di gim kedua saya malah jadi ragu-ragu. Saat unggul 17-14, karena ragu-ragu pula, smes saya malah keluar," kata Gregoria.

"Bukannya mengecilkan lawan, tetapi kesempatan menang dan kalah itu sangat terbuka. Tetapi dengan permainan yang saya tampilkan di gim awal, rasanya tidak cukup buat saya untuk bisa menang. Apalagi dengan kekalahan saya di gim awal, pasti membuat Chen Yu Fei tambah percaya diri," kata dia.

Pada babak delapan besar BAC 2024 hari ini, selain Gregoria, ada tiga wakil Indonesia lain yang berlaga, yakni ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Baca juga: Fajar/Rian nantikan duel kontra Liang/Wang di perempat final BAC

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024