“Patroli keliling memantau rumah-rumah kosong yang dilakukan oleh aparat kepolisian untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan berupa pencurian,"
Mamuju (ANTARA) - Polda Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggencarkan patroli rumah kosong yang ditinggal pemiliknya melakukan mudik lebaran di Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar.

"Aparat kepolisian dari Ditsabhara dan Ditpamobvit Polda Sulbar melakukan patroli untuk memantau dan mengawasi serta mengamankan dan menjaga rumah-rumah kosong milik warga di Kota Mamuju," kata Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Slamet Wahyudi, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, rumah kosong yang diamankan merupakan rumah warga yang mudik Lebaran ke kampung halamannya di sejumlah daerah di Provinsi Sulbar dan Sulsel sejak H-7 sampai H+7 lebaran Idul Fitri 1445 hijriah.

"Patroli keliling memantau rumah-rumah kosong yang dilakukan oleh aparat kepolisian untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan berupa pencurian," katanya.

Menurut dia, aparat kepolisian melakukan patroli dengan berjalan kaki dan mengelilingi Kota Mamuju untuk memastikan rumah-rumah kosong milik warga tetap aman dari tindak kriminalitas.

Menurutnya, patroli keliling juga dilakukan dengan memberikan himbauan kepada tetangga pemilik rumah kosong yang tidak melakukan mudik lebaran agar melaporkan ketika tindakan kejahatan terjadi.

"Kami menghimbau warga untuk terus berkoordinasi dalam menjaga kamtibmas di lingkungan atau wilayah masing-masing, serta menjaga ketentraman dan ketertiban, dan melaporkan ketika tindakan kriminal pencurian terjadi," katanya.

Ia berharap, dukungan seluruh elemen masyarakat agar kamtibmas tetap tercipta di Idul Fitri tahun ini, dan aparat kepolisian agar bekerja keras menjaga situasi di kota Mamuju agar tetap aman dan kondusif.

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024