Jakarta (ANTARA) - Pada Jumat (12/4), BMKG mengimbau wisatawan untuk waspada akan potensi pasang air laut di perairan Pantai Selatan Jawa saat momentum libur Lebaran 2024.

Adapula warta tentang imbauan agar para pemudik hindari waktu puncak arus balik Lebaran yang diperkirakan jatuh pada Sabtu hingga Senin. Selain itu, ada berita kegiatan Presiden Joko Widodo menemani cucu bermain.

Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.

1. BMKG imbau wisatawan pantai selatan Jabar-DIY waspadai potensi pasang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau wisatawan yang memanfaatkan libur Lebaran 2024 dengan mengunjungi pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewaspadai potensi pasang air laut.

"Tinggi gelombang laut di perairan selatan Jabar, Jateng, dan DIY pada hari ini hingga Sabtu (13/4) diprakirakan berkisar 1,25-2,5 meter atau masuk kategori sedang," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Jumat.

2. Jasa Marga imbau pemudik hindari waktu puncak arus balik Lebaran 2024

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pemudik agar menghindari waktu puncak arus balik Lebaran 2024 yang diprediksi terjadi pada Sabtu (13/4) hingga Senin (15/4), sehingga tidak terjebak dalam kemacetan panjang saat kembali dari kampung halaman.

"Kami perkirakan hari ini masih sekitar 206 ribu kendaraan belum melakukan perjalanan mudik. Jumlah ini merupakan 11,7 persen dari total prediksi Jasa Marga terhadap kendaraan yang melewati empat gerbang tol utama," kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur di Jakarta, Jumat.

3. Presiden Jokowi manfaatkan libur Lebaran untuk temani cucu bermain

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak cucu-cucunya bermain sekaligus bersilaturahim dengan warga Medan, di Mal Centre Point, Medan, Sumatera Utara pada hari kedua Lebaran, Kamis (11/4).

Presiden yang mengenakan kaus berwarna gelap datang bersama Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution.

Ketiganya adalah anak dari putri kedua Jokowi, Kahiyang Ayu, dan anak mantunya yang sekaligus Wali Kota Medan Bobby Nasution.

4. Longsor susulan di Genting Lanjak hambat akses ke batas RI-Malaysia

Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) 3.3 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sri Bintang Pamungkas mengatakan sampai saat ini akses jalan nasional di Bukit Genting Lanjak Kabupaten Kapuas Hulu belum bisa dilalui kendaraan roda empat, akibat longsor dan longsor susulan di daerah tersebut.

"Kami upayakan hari ini akses jalan minimal bisa dilalui kendaraan ringan (mobil), yang menjadi kendala di lapangan adanya longsor susulan serta cuaca masih terjadi hujan," kata Sri Bintang Pamungkas, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

5. Petugas terapkan delay system cegah kepadatan di Pelabuhan Bakauheni

Petugas Gabungan melaksanakan delay system bagi calon pemudik di pos pelayanan terpadu Desa Gayam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, guna kelancaran arus lalulintas menuju Pelabuhan Bakauheni.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jumat, terlihat sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Sat Pol PP, Dishub dan petugas ASDP melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan roda dua dan empat.*

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024