Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan memastikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dalam waktu dekat sudah bisa digunakan para pemudik saat arus balik, Sabtu.

Tol ini dipastikan sudah bisa digunakan setelah sebelumnya mengalami perbaikan karena peristiwa longsor beberapa hari sebelum hari H lebaran.

Dengan menggunakan jalur tol tersebut, para pemudik yang melakukan arus balik akan dengan mudah menuju ke beberapa daerah seperti Cigombong, Bogor, Jakarta, Cisaat, Sukabumi, Cianjur.

Dengan kembali beroperasinya Tol Bocimi, Aan berharap penumpukan kendaraan di tol tidak terjadi sehingga para pemudik bisa sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu dan selamat.

Sebelumnya, peristiwa longsornya Tol Bocimi KM 64, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat arah Sukabumi terjadi pada Rabu (3/4).

Longsor tersebut terjadi karena air menggerus tanah yang menopang tol saat hujan deras terjadi di wilayah tersebut. Akibatnya, jalur tol tersebut sempat tidak bisa digunakan para pemudik.

Polisi pada Jumat (4/4) lalu pun sempat memberlakukan pengalihan arus di wilayah tersebut. Untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi akan dikeluarkan di exit Tol Cigombong kemudian intran di Parung Kuda lanjut menuju arah Sukabumi.

Demikian pula untuk kendaraan dari arah Sukabumi menuju Jakarta, dikeluarkan dari exit tol Parung Kuda, masuk lagi ke Cigombong.
Baca juga: Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak siap difungsikan pada Kamis 11 April
Baca juga: Menteri PUPR terus memonitor perkembangan Tol Bocimi
Baca juga: Strategi antisipasi kemacetan pasca-longsor Tol Bocimi

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024