Sukabumi (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi memfungsikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) untuk arus balik ke arah Jakarta pada Sabtu sore atau H+3 Lebaran 2024, setelah jalan tol tersebut difungsikan dari Jakarta ke arah Sukabumi pada pagi hingga sore.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Fiekri Adi Perdana mengatakan Jalan Tol Bocimi dari mulai KM 60 hingga KM 72 pada momen arus libur Lebaran 2024 ini difungsikan hanya satu arah. Sebelumnya sebagian jalan di Tol Bocimi pada KM 64 mengalami longsor di jalur A.

"Kita akan kembali balik untuk jalur one way dari arah Parungkuda menuju Jakarta," kata Fiekri saat ditemui di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu.

Adapun pemberlakuan arus satu arah di Tol Bocimi untuk dari arah Jakarta ke Sukabumi pada Sabtu ini diberlakukan pada pukul 07.00 WIB hingga sekitar pukul 14.30 WIB. Sedangkan pemberlakuan arus satu arah sebaliknya ke arah Jakarta diberlakukan mulai pukul 15.00 WIB.

Di samping itu, menurutnya Tol Bocimi berpotensi akan dilakukan penutupan sementara jika turun hujan guna mengantisipasi kerawanan kecelakaan. Karena jika turun hujan, menurutnya kawasan Tol Bocimi biasanya turun kabut yang menghambat penglihatan pengemudi.

Menurutnya pada Sabtu ini arus kendaraan yang menuju ke destinasi wisata Pantai Pelabuhan Ratu mulai mengalami kepadatan. Dia mengatakan kepadatan arus tersebut sempat terjadi sejak sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Kepadatan yang terjadi pun berlangsung mulai dari Gerbang Tol Parungkuda atau akses keluar Tol Bocimi, hingga ke jalur arteri kawasan Cibadak yang mengarah ke Pelabuhan Ratu.

Adapun dia memprediksi puncak arus balik dari arah Sukabumi akan terjadi pada Minggu (14/4). Karena menurutnya banyak masyarakat yang memilih untuk menginap di Pelabuhan Ratu pada Sabtu malam dan pulang keesokan harinya.

"Jumat kemarin ada sedikit berbincang dengan pengemudi motor dan mobil, banyak sekali saudara-saudara kita dari Cianjur, Jakarta, Bogor ke Pelabuhan Ratu," katanya.
Baca juga: Polisi pastikan Tol Bocimi akan difungsikan untuk arus balik

Baca juga: Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak siap difungsikan pada Kamis 11 April

Baca juga: Menteri PUPR terus memonitor perkembangan Tol Bocimi

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024