Untuk hari pertama pesta pantai pada Kamis (11/4) kunjungan mencapai 9.000 orang dan pada hari kedua Jumat (12/4) tingkat kunjungan 8.646 orang. Total tingkat kunjungan mencapai 17.646 orang sesuai tiket yang terjual
Simpang Empat,- (ANTARA) -
Sekitar 17.646 pengunjung memadati objek wisata Pantai Sasak Pohon Seribu dan Muaro Sasak dalam dua hari ini sejak dibukanya pesta pantai di daerah itu, Kamis (11/4).
 
"Untuk hari pertama pesta pantai pada Kamis (11/4) kunjungan mencapai 9.000 orang dan pada hari kedua Jumat (12/4) tingkat kunjungan 8.646 orang. Total tingkat kunjungan mencapai 17.646 orang sesuai tiket yang terjual," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Afrizal di Simpang Empat, Sabtu.
 
Ia menargetkan jumlah kunjungan hingga Minggu (14/5) mencapai 50- 60 ribu orang wisatawan yang datang ke Pantai Sasak.
 
"Kita berharap kunjungan terus meningkat. Tingkat kunjungan saat libur Lebaran tahun sebelumnya hanya 40 ribu orang," katanya.
 
Ia menjelaskan terdapat tiga lokasi fokus destinasi wisata di Pasaman Barat saat ini yakni di Pantai Sasak Ranah Pasisie, Pantai Sikabau Koto Balingka dan Pantai Air Bangis Sungai Beremas.
 
Namun untuk libur Lebaran 2024 ini pesta pantai dilaksanakan hanya di Pantai Sasak berupa hiburan dan penampilan kesenian dan kebudayaan.
 
Ia mengimbau kepada pengunjung yang hadir untuk tetap menjaga keselamatan dan waspada selama berada di Pantai Sasak baik di Pohon Seribu dan di Muaro Sasak.
 
"Kepada pengunjung yang hadir untuk tidak mandi sepanjang pantai karena beresiko tinggu. Kami juga mengimbau pengunjung untuk berhati-hati dan tetap waspada terhadap ancaman hewan buas yang ada di Muaro Sasak berupa buaya," katanya.
 
Ia memprediksi puncak kunjungan masyarakat ke Pantai Sasak akan terjadi pada Minggu (14/4).
 
Pantai Sasak berada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia yang berjarak sekitar 20 kilometer lebih dari Simpang Empat.
 
Pantai ini selalu padat dikunjungi masyarakat setiap hari libur. Objek Wisata Pohon Seribu menjadi lokasi andalan Pasaman Barat saat ini karena selalu ramai dikunjungi dengan hamparan pohon mahoni di tepi pantai yang indah.
 
Di lokasi ini wisatawan juga bisa menikmati wisata kuliner dengan ciri khasnya gulai sabo. Begitu juga di Pantai Indah Maligi dan Muaro Sasak.
 
Dengan pantai yang asri, landai dan hamparan pohon kelapa dan rumput menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung potensi objek wisata pantai.
 
Pantai indah Maligi memiliki potensi wisata yang indah dan kawasan konservasi lingkungan dan konservasi penyu.

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat gelar pesta Pantai Sasak selama libur Lebaran
Baca juga: Pemkab Pasaman Barat resmikan pekan seni budaya di Pantai Sasak
Baca juga: Objek wisata Pantai Sasak Pasaman Barat ramai pengunjung
Baca juga: Pantai Sasak Pasaman Barat dipadati pengunjung

 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024