Pesta pantai itu akan dimulai pada 11 sampai 14 April dengan pelaksana pihak nagari (desa) dan kelompok sadar wisata yang ada
Simpang Empat,- (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Pariwisata bakal menggelar pesta Pantai Sasak dengan penampilan kesenian kebudayaan dan hiburan rakyat selama libur Lebaran 2024.
 
"Pesta pantai itu akan dimulai pada 11 sampai 14 April dengan pelaksana pihak nagari (desa) dan kelompok sadar wisata yang ada," kata Pelaksana tugas Kepela Dinas Pariwisata Pasaman Barat Afrizal di Simpang Empat, Minggu.
 
Menurut dia, pesta pantai itu akan diadakan di dua titik yakni di objek wisata pohon seribu Jorong Pondok dan Muaro Pantai Sasak.
 
Pihaknya telah mengintensifkan rapat dan pertemuan dengan pihak nagari (desa) dan kelompok sadar wisata termasuk dengan pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Badan Pendapatan Daerah dan pihak terkait lainnya.
 
"Kesenian yang akan ditampilkan seperti tari piring, ronggeng dan kesenian lainnya dalam upaya merawat budaya dan menghibur perantau yang pulang berkunjung ke Pantai Sasak," ujarnya.
 
Selain itu pihaknya juga akan menampilkan kerajinan dan ekonomi kreatif serta sajian kuliner khas Pantai Sasak.
 
Ia mengatakan Pantai Sasak merupakan salah satu destinasi andalan Pasaman Barat yang saat ini masih masuk indikator perintis belum lagi berkembang, maju dan mandiri.
 
Untuk itu, katanya, wisata Pantai Sasak haris ditata dengan baik, membentuk kelompok sadar wisata dan terpenting kesadaran masyarakat terhadap objek wisata yang ada.
 
"Bagi pengunjung terpenting adalah kepuasan, kenyamanan dan keamanan sehingga memberikan kesan yang baik nantinya," ujarnya.
 
Ia mengharapkan tidak ada pungutan liar dan menaikkan harga diatas rata-rata yang akan mrmberatkan pengunjung.
 
Pantai Sasak berada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia yang berjarak sekitar 20 kilometer lebih dari Simpang Empat.
 
Pantai ini selalu padat dikunjungi masyarakat setiap hari libur. Objek Wisata Pohon Seribu menjadi lokasi andalan Pasaman Barat saat ini karena selalu ramai dikunjungi dengan hamparan pohon mahoni di tepi pantai yang indah.
 
Di lokasi ini wisatawan juga bisa menikmati wisata kuliner dengan ciri khasnya gulai sabo. Begitu juga di Pantai Indah Maligi.
 
Dengan pantai yang asri, landai dan hamparan pohon kelapa dan rumput menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung potensi objek wisata pantai.
 
Pantai indah Maligi memiliki potensi wisata yang indah dan kawasan konservasi lingkungan dan konservasi penyu.

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat resmikan pekan seni budaya di Pantai Sasak
Baca juga: Objek wisata Pantai Sasak Pasaman Barat ramai pengunjung
Baca juga: Ratusan anak penyu dilepas di Pantai Indah Maligi Sasak Pasaman Barat

 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024