"Sejak pagi, petugas Pos Pengamanan II Sektor Torgamba sebanyak 21 personel telah melakukan laporan langsung dan pengaturan arus lalu lintas,"
Medan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatera Utara menyiagakan sekitar 21 personel untuk melancarkan arus kendaraan yang mengarah jalan lintas Sumatera (Jalinsum) menuju Pekan Baru, Riau.

"Sejak pagi, petugas Pos Pengamanan II Sektor Torgamba sebanyak 21 personel telah melakukan laporan langsung dan pengaturan arus lalu lintas," ujar Kepala Polres Labusel AKBP Maringan Simanjuntak saat dihubungi dari Medan, Sabtu.

Maringan melanjutkan dari Pos Pengamanan II Sektor Torgamba terpantau kondisi arus alu lintas kendaraan ramai lancar. Lanjut dia, personel juga memberikan mengimbau dan teguran kepada pengemudi sepeda motor dan becak bermotor agar tertib berlalu lintas dan memakai helm standar.

"Kami mengimbau kepada para pengendara kendaraan yang berwisata maupun balik lebaran tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan di jalan," tuturnya.

Maringan menambahkan pihaknya mendirikan dua pos pengamanan di K.Pinang dan Torgamba, untuk pos pelayanan dua tempat yakni Kampung Rakyat dan Sei Kanan dan personel dilibatkan 188 orang.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Sumut Hadi Wahyudi mengatakan Command Center Polda Sumut mencatat, arus lalu lintas paling padat saat mudik terjadi di antaranya wilayah Polres Labuhanbatu Selatan tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman 2, Kota Pinang, Kecamatan Kota Pinang, Labuhanbatu Selatan.

"Hal ini terjadi karena tingginya intensitas volume kendaraan yang melintas terutama dari arah Provinsi Riau," ucapnya.

Wilayah selanjutnya, menurut Hadi di Kabupaten Labuhanbatu Utara yang terjadi di Jalan Jenderal Sudirman Kilometer 48-75 Aek Kanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara terjadi kepadatan lalu lintas mencapai tiga Kilometer.

Untuk mengurai kemacetan, personel Polda Sumut mengatur lalu lintas, melakukan rekayasa lalu lintas hingga akhirnya bisa terurai setelah 2 jam.

"Posko akan terus mengendalikan situasi dan kondisi lapangan, beberapa ruas jalan yang padat sejauh ini bisa terurai dengan baik, diimbau pemudik untuk tetap mematuhi petunjuk dan arahan petugas di lapangan," kata Kabid Humas.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024