Maskapai yang melayani untuk penerbangan tambahan ada Citilink, Super Air Jet dan Lion Air
Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau melayani 31 penerbangan ekstra untuk momen arus balik Lebaran 2024 dengan perkiraan puncaknya terjadi pada 15 April 2024.

"Puncak arus mudik diperkirakan besok (15 April) yang mencapai 11.000-12.000 penumpang per hari," kata Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Kepulauan Riau, Minggu.

Adapun 31 penerbangan ekstra didominasi dengan tujuan Jakarta-Batam, Medan-Batam, Pekanbaru-Batam, Surabaya-Batam.

"Maskapai yang melayani untuk penerbangan tambahan ada Citilink, Super Air Jet dan Lion Air," ujar dia.

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati mengatakan Bandara Hang Nadim Batam tetap siaga 24 jam untuk mengantisipasi dan melayani jika ada pendaratan darurat, baik penerbangan domestik dan internasional.

"Penerbangan ekstra semuanya pagi sampai sore, jadi tidak ada yang sampai malam. Tapi kalau untuk kondisi darurat kita standby 24 jam jika ada pesawat yang mendarat darurat ke Batam," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga tengah bersiap untuk mempersiapkan segala kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan,untuk menghadapi lonjakan penumpang saat momen mudik lebaran 2024 di Bandara Hang Nadim.

"Kami siagakan posko terpadu untuk mudik lebaran tahun ini, dengan melibatkan 400 personel internal dari berbagai instansi terkait, seperti KKP, BMKG, PLN, aparat keamanan, hingga Basarnas," kata Nugroho.

Baca juga: Menhub: Pengalihan FIR Kepri-Natuna berdampak positif bagi Indonesia
Baca juga: BIB: Empat unit pesawat airbus layani arus mudik Lebaran 2024
Baca juga: Rute Batam-Dumai jadi jalur alternatif pemudik tujuan Sumut-Sumbar

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024