Selalu cek kondisi kendaraan dan bila capek, bisa beristirahat sejenak
Jayapura (ANTARA) - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo menyatakan, arus balik libur Lebaran Idul Fitri 1445 H di wilayah hukum Polda Papua terpantau lancar dan aman.

Ia memprediksi kenaikan arus balik terakhir terjadi Senin mengingat Selasa besok ASN sudah bekerja seperti biasa.

"Memang benar dari pantau anggota di lapangan terungkap arus balik lebaran Idul Fitri di wilayah hukum Polda Papua yang tersebar di empat provinsi berlangsung aman," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo di Jayapura, Senin.

Diakui, di Tanah Papua memang ada beberapa daerah yang sudah terhubung antarkabupaten sehingga pihaknya berharap agar warga saat berkendara senantiasa berhati-hati.

"Selalu cek kondisi kendaraan dan bila capek, bisa beristirahat sejenak di pos-pos yang didirikan di sepanjang jalan.Jangan paksa untuk tetap terus mengemudi karena bisa berakibat fatal," katanya.

Baca juga: 1.350 pemudik arus balik tiba di Pelabuhan Jayapura
Baca juga: Pelni Jayapura sebut arus balik lebaran tidak seramai Natal-tahun baru


Sementara itu Stakeholder Relation Manager Bandara Sentani Surya Eka mengakui, arus balik lebaran di Bandara Sentani mulai ramai dimana Minggu (14/4) tercatat 5.129 penumpang atau naik 12 persen dibanding tahun 2023 yang tercatat 4.585 penumpang.

Walaupun terjadi kenaikan jumlah penumpang namun kedatangan pesawat mengalami penurunan 62 persen yakni hanya 46 pesawat, sementara di periode yang sama tahun 2023 tercatat 120 pesawat.

Selain penurunan jumlah pesawat yang datang, juga kargo turun 79 persen yakni hanya 60.018 kilogram sedangkan di tahun 2023 tercatat 280.659 kilogram, jelas Surya Eka.

Baca juga: Rekayasa arus diberlakukan di jalur Puncak hari terakhir cuti Lebaran
Baca juga: H+3 Lebaran, 961 ribu kendaraan kembali ke Jabotabek lewat tol
Baca juga: ASDP seberangkan 38.388 unit kendaraan R2-R4 ke Merak pada 14 April

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024