Jakarta (ANTARA) - Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, mempercepat layanan bagasi penumpang maksimal 15 menit dari pesawat mendarat hingga penumpang menerima barang bawaan untuk mengatasi kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2024, Senin.

"Kami bekerja sama dengan maskapai untuk penerbangan on time performance atau mengurangi keterlambatan (delay), juga dengan petugas ground handling, mulai dari pesawat mendarat hingga penumpang menerima bagasi maksimal 15 menit," kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma Nadia Putri Andrian di Jakarta, Senin.

Baca juga: Bandara Halim perketat layanan pengambilan bagasi antisipasi kepadatan

Ia juga menuturkan, untuk mengatasi lonjakan penumpang, Bandara Halim bekerja sama dengan Pusat Koperasi Angkatan Darat (Puskopad), pihak kepolisian, petugas keamanan penerbangan atau aviation security, dan personel TNI Angkatan Udara (AU).

"Untuk mengatasi lonjakan penumpang, kami juga bekerja sama dengan pihak transportasi darat yang resmi dan sudah bekerja sama dengan Bandara Halim Perdanakusuma untuk penjemputan penumpang," ujar dia.

Baca juga: Ratusan penumpang kembali ke daerah via Bandara Halim pada H+3 Lebaran

Ia menyebutkan, ada 30 personel keamanan penerbangan, lima personel TNI AU, empat anggota kepolisian, satu anjing pelacak, dan satu dokter untuk pelayanan kesehatan yang dikerahkan selama masa Lebaran 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma.

Selain itu, kata dia, Bandara Halim Perdanakusuma juga telah menyiagakan petugas pemadam kebakaran, pusat informasi, hingga teknisi di Posko Lebaran yang terletak di bagian timur bandara, tepatnya dekat dengan pintu keberangkatan.

Baca juga: Maskapai tambah rute dan frekuensi penerbangan dari Bandara Halim

"Kami juga mengimbau penumpang agar menggunakan transportasi atau taksi resmi yang telah disediakan oleh bandara demi keamanan bersama," ucapnya.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024