Jadi untuk petugas khusus difabel memang kami sudah bekerja sama dengan pihak maskapai, penumpang tinggal koordinasi saja dengan maskapai
Jakarta (ANTARA) -
Bandara Halim Perdanakusuma bekerja sama dengan pihak maskapai untuk membantu teman-teman difabel yang menggunakan moda pesawat selama arus mudik, arus balik, dan libur Lebaran 2024.

"Kami mengimbau teman-teman difabel agar segera menghubungi maskapai yang dituju, sehingga nantinya dapat dibantu oleh petugas pelayanan penumpang atau ground handling yang ada di bandara," kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma Nadia Putri Andrian di Jakarta, Senin.
 
Ia menegaskan, masing-masing maskapai sudah memiliki petugas khusus untuk membantu teman-teman difabel agar lebih mudah saat naik atau turun dari pesawat.
 
"Jadi untuk petugas khusus difabel memang kami sudah bekerja sama dengan pihak maskapai, penumpang tinggal koordinasi saja dengan maskapai," katanya.
 
Berdasarkan pantauan ANTARA, Bandara Halim Perdanakusuma juga telah menyediakan fasilitas seperti kursi roda, dan jalan khusus untuk penyandang tunanetra.
 
Selain itu, Bandara Halim juga menyiagakan dokter dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) selama masa Lebaran 2024 untuk melayani penumpang arus mudik maupun arus balik.
 
"Ada satu dokter dari KKP yang siaga setiap harinya selama arus mudik dan arus balik untuk melayani penumpang yang sakit," kata Nadia.

Ia menjelaskan, meski tidak menyediakan posko pengecekan kesehatan khusus, dokter dari KKP tersebut tergabung dalam tim posko Lebaran 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma yang juga dilengkapi dengan petugas pemadam kebakaran, pusat informasi, keamanan penerbangan (aviation security), dan teknisi.
 
Selama arus mudik dan balik (6-15 April 2024), Bandara Halim Perdanakusuma juga bekerja sama dengan berbagai pihak dengan menyiagakan 30 personel dari aviation security, lima personel TNI Angkatan Udara (AU), empat personel kepolisian, dan satu anjing pelacak untuk memastikan keamanan penumpang.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024